Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dalam 2 Pekan, Kapal-Kapal Pelni Laku Keras

Dalam 2 Pekan, Kapal-Kapal Pelni Laku Keras Kredit Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mencatat pertumbuhan pengguna jasa pada angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) pada pra-Natal, yakni 11 hingga 24 Desember 2019 mencapai 270.068 pelanggan atau naik 0,6% dibandingkan 2018 sebanyak 268.362 pelanggan.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, selesai melayani pelanggan yang merayakan Natal 2019 di kampung halaman dengan aman dan lancar, pihaknya telah mempersiapkan pelayanan arus balik.

Pelni memastikan akan terus mengantisipasi arus balik dan siaga hingga angkutan Nataru selesai pada 8 Januari 2020 mendatang.

Baca Juga: Siap Berlayar! Pelni Pastikan Armada Siap Layani Periode Nataru

"Kami sudah mengantisipasi angkutan arus balik. Untuk men-support kelancaran pelaksanaan Nataru, direksi dan komisaris juga turun ke lapangan dengan melakukan monitoring ke cabang padat penumpang," tutur Yahya, Kamis (26/12/2019).

Keberhasilan angkutan Nataru, lanjut Yahya, didukung berbagai hal, salah satunya penerapan aplikasi pemesanan tiket kapal Pelni naik sangat menggembirakan.

Dari segi cara pembelian dibandingkan tahun lalu, pertumbuhanya mencapai 716% by pasasi, 681% by pax. Tahun lalu, pelanggan yang memesan tiket via aplikasi sebanyak 13.925 pelanggan, tahun ini telah mencapai 94.955 pelanggan.

Perseroan mengimplementasikan penjualan tiket via internet melalui aplikasi Pelni Mobile denganĀ  mengalihkan sebagian pelanggan yang semula datang ke loket atau agen ke cara yang lebih praktis, yakni membeli tiket melalui HP dan melakukan pembayaran melalui perbankan ataupun Alfamart dan Indomaret. Dengan cara tersebut, pelanggan bisa memperoleh tiket.

Baca Juga: Pekan Natal-Tahun Baru, Pelni Buka Rute ke Padang Sibolga dan Gunung Sitoli

"Volume pemesanan atau penjualan tiket melalui aplikasi Pelni Mobile cukup menggembirakan. Aplikasi yang diluncurkan sejak Mei 2018 lalu. penggunanya terus bertambah. Pada 2018 tercatat sebanyak 13.925 tiket. 2019 naik menjadi 94.955 tiket. Data 94.955 itu baru sampai 26 Desember 2019, pukul 08.00, kemungkinan akan ada kenaikan lagi hingga akhir 2019," tuturnya.

Pemesanan tiket melalui aplikasi diharapkan akan terus tumbuh seiring meningkatknya pengguna kapal Pelni. Sepanjang 2019 hingga November, pelanggan Pelni sudah mencapai 4.308.305 pelanggan. Jumlah tersebut naik sebesar 36,5 % dibandingkan 2018 yang tercatat 3.156.854 pelanggan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: