Sepanjang 2019, Para Konglomerat Ini Paling Ringan Tangan! Total Donasinya Tak Terelakkan!

Sepanjang 2019, Para Konglomerat Ini Paling Ringan Tangan! Total Donasinya Tak Terelakkan! Kredit Foto: Investors

Kegiatan amal menjadi hal yang penting bagi setiap konglomerat di dunia. Mereka memiliki harta kekayaan berlimpah, dan beberapa dari mereka pun tak segan-segan untuk mengamalkan hartanya dalam jumlah yang besar.

Sepanjang 2019, Forbes telah menghitung jumlah amal yang dikeluarkan oleh para konglomerat. Delapan dari sepuluh donasi dan amal akan diberikan langsung ke organisasi nirlaba, seperti universitas dan kelompok bantuan atau penyedia layanan, sedangkan donasi lainnya yang masuk dua terbesar dalam daftar ini adalah pengalihan aset menjadi yayasan amal.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar konglomerat dunia yang paling banyak beramal sepanjang 2019:

1. Azim Premji

Miliarder teknologi dari India ini memberikan donasi terbesar. Dia memberikan saham perusahaan perusahaan outsourcing IT Wipro Limited ke organisasi amal, The Azim Premji Foundation, yang berfokus pada pendidikan senilai US$7,6 miliar atau Rp106,4 triliun.

Baca Juga: Usai Beramal Rp504 Triliun, Bill Gates Gak Jatuh Miskin, Malah Makin Tajir!

2. Warren Buffet

Setiap tahun Warren Buffett yang juga dikenal sebagai Oracle of Omaha memberikan saham bernilai miliaran dolar di Berkshire Hathaway, perusahaan yang dia jalankan yang memiliki saham di Kraft Heinz dan Dairy Queen dan menjadikannya orang terkaya keempat di dunia.

Pada bulan Juli 2019, Buffett memberikan donasi terbesarnya berupa saham senilai US$3,6 miliar atau setara Rp50,4 triliun ke Yayasan Bill & Melinda Gates, Yayasan Susan Thompson Buffett (dinamai untuk mendiang istri pertamanya) dan ke yayasan yang dikelola oleh ketiga anaknya: Yayasan Sherwood, Yayasan Howard G.

Forbes memperkirakan sepanjang usianya hingga saat ini, Buffett sudah mendonasikan US$38 miliar harta kekayaannya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini