Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2020, PT Integra Indocabinet Targetkan Capaian Penjualan hingga Rp2,8 Triliun

2020, PT Integra Indocabinet Targetkan Capaian Penjualan hingga Rp2,8 Triliun Kredit Foto: Integra Grup
Warta Ekonomi, Sidoarjo -

Pada 2020 mendatang, PT Integra Indocabinet Tbk menargetkan pencapaian penjualan sebesar Rp2,8 triliun. Pencapaian tersebut nantinya didukung oleh meningkatnya permintaan pasar ekspor terutama Amerika Serikat (AS) penjualan produk Millwork dan Wooden Blind. Kapasitas produksi kedua produk pada bulan Juni 2019 masing-masing sebesar 132.000 m3 dan 13.200 m3.

Meskipun perang dagang AS dan China sempat mereda, daya saing produsen asal Tiongkok dalam industri produk berbasis kayu sudah di bawah negara-negara seperti Indonesia dan Vietnam. Hal ini dikarenakan keterbatasan bahan baku kayu dalam pasar domestik China, tingginya biaya dan harga impor kayu, dan tingginya upah minimum.

Hal ini menyebabkan banyak pembeli asal AS, sebagai salah satu konsumen produk berbasis kayu terbesar di dunia, memilih destinasi pembelian ke Indonesia dan Vietnam.

Indonesia sendiri adalah negara dengan hutan tropis terbesar ke-3 di dunia. Indonesia bisa menyuplai bahan baku kayu yang banyak dan harga yang relatif stabil sehingga memiliki daya saing yang lebih kuat dibanding negara pesaing lainnya.

PT Integra Indocabinet Tbk sendiri merupakan perusahaan produk berbasis kayu yang terintegrasi. Baik secara vertikal dari bahan baku, manufaktur hingga retail dan distribusi sehingga memiliki daya saing yang lebih kompetitif dibandingkan pesaing domestic maupun internasional.

Di kuartal tiga 2019, perseroan mencatat pertumbuhan penjualan ekspor tumbuh sebesar 17,6 persen. Namun penjualan domestik mengalami pelemahan. Hal itu karena bertepatan dengan tahun politik yang menyebabkan turunnya penjualan terhadap proyek pemerintah. Juga berdampak pada melemah dan turunnya harga kayu Meranti.

Pada 2020, dengan terpasangnya kapasitas tambahan untuk produk Millwork dan kapasitas untuk produk Wooden Blind, perseroan optimis penjualan ekspor akan meningkat dan penjualan domestik juga akan turut naik dengan telah dilewatinya tahun politk. Terlebih lagi, selama 2019, Perseroan juga telah melakukan konsolidasi atas beberapa fasilitas produksi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: