Luar Biasa, Jiwasraya Ini Kasus Luar Biasa Besar

Luar Biasa, Jiwasraya Ini Kasus Luar Biasa Besar Kredit Foto: Istimewa

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Saputra, menyebut kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya tergolong permasalahan yang sangat besar dan kompleks. Oleh karenanya, Jiwasraya ditangani langsung oleh Kejaksaan Agung.

"Jiwasraya ini kasus yang luar biasa besarnya dan saat ini sudah ditangani oleh Kejaksaan Agung penegak hukum lainnya. KPK sudah lepaskan Jiwasraya" kata Agung, Selasa (7/1/2019).

Baca Juga: Demokrat Dukung Penuh Pansus Jiwasraya. Alasannya Top!

Agung mengatakan, semua proses penegakan hukum hasil pemeriksaan BPK akan tetap berjalan. Selain Jiwasraya, BPK melakukan pemeriksaan terhadap beberapa kasus lainnya seperti kasus dugaan korupsi proyek pengadaan tiga unit Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II. 

BPK juga baru saja menyelesaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terkait JICT Jakarta International Container Terminal, Terminal Peti Kemas Koja, Global Bond, dan Terminal Kalibaru. Menurut Agung, dari keempat kasus tersebut, negara mengalami kerugian mencapai Rp6 triliun. 

Untuk kasus Jiwasraya, BPK rencananya baru akan mengumumkan hasil investasinya pada Rabu (8/1/2019) besok. Agung menjelaskan, dalam audit yang saat ini sedang dilakukan BPK juga menemukan adanya indikasi potensi kerugian negara. Ia memastikan bahwa BPK akan membuka semuanya secara transparan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini