Tolak Tawaran PSSI, Fakhri Husaini: Saya Tak Berpikir Jadi Asisten Shin Tae-yong

Tolak Tawaran PSSI, Fakhri Husaini: Saya Tak Berpikir Jadi Asisten Shin Tae-yong Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi

Salah satu pelatih top Tanah Air, Fakhri Husaini, mengaku tak pernah tertarik untuk menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Fakhri mengaku takkan meninggalkan keluarganya yang berada di Bontang, Kalimantan Timur, hanya untuk menjadi asisten Shin Tae-yong.

Setelah memecat Simon McMenemy, PSSI memiliki dua calon kuat pelatih Timnas Indonesia, yakni Luis Milla dan Tae-yong. Kedua nama itu pun melakukan presentasi di hadapan petinggi PSSI. Hasilnya, PSSI menunjuk Tae-yong dan mengontrak pelatih asal Korea Selatan itu selama empat tahun per 28 Desember 2019.

Baca Juga: Terjawab, Nova Arianto Siap Dampingi Shin Tae-yong di Kursi Pelatih Timnas

Akan tetapi, PSSI ternyata memberikan banyak pekerjaan kepada Tae-yong. PSSI membebankan Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia U-19, U-23, dan juga senior. Alhasil, kontrak Fakhri sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19 yang habis pada pengujung tahun lalu pun tidak diperpanjang, mengingat posisinya telah digantikan Tae-yong.

Dalam pengakuan Fakhri, Direktur Teknik PSSI Danurwindo mengatakan bahwa pelatih yang identik dengan topinya itu masih dibutuhkan PSSI. Hanya saja, Fakhri langsung menolak saat ditawarkan untuk menjadi asisten Shin Tae-yong.

"Lantas saya bertanya ke Bang Danur. Dia bilang saya akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-20. Lalu, saya tanya sebagai apa? Pelatih kepala atau asistennya?" kata Fakhri saat dihubungi wartawan.

"Di situ saya bilang kalau saya sebagai asisten. Tidak ada tantangan. Kalau mencari aman, posisi itu saya ambil. Tapi, saya bukan tipe seperti itu. Saya tidak akan meninggalkan pekerjaan dan keluarga kalau seperti itu. Saya bukan merendahkan Shin Tae-yong. Saya yakin akan dapat banyak ilmu, tapi buat saya bukan seperti itu," lanjut Fakhri.

Saat ini, PSSI sudah menunjuk dua pelatih lokal untuk menjadi asisten Tae-yong, yakni Nova Arianto dan Indra Sjafri. Di luar dua nama lokal, Tae-yong membawa tiga asisten dari Korea Selatan. Mereka ialah Kim Hae-woon (pelatih kiper), Gong oh-kyun (asisten pelatih), dan Lee Jae-hong (pelatih fisik).

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini