Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertumbuhan Ekonomi Global Akan Rebound di 2020

Pertumbuhan Ekonomi Global Akan Rebound di 2020 Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Dunia (World Bank) memprediksi perekonomian global akan tumbuh dibandingkan tahun sebelumnya dari proyeksi pertumbuhan untuk 2019 sebesar 2,4% menjadi 2,5% pada 2020.

Wakil Presiden Kelompok Bank Dunia, Ceyla Pazarbasioglu, mengatakan investasi dan perdagangan secara bertahap pulih dari tahun lalu, tetapi risiko menurun masih ada.

Baca Juga: Optimisme Masyarakat Atas Ekonomi Menguat, Ini Pemicunya

"Pertumbuhan ekonomi siap untuk rebound moderat tahun ini. Namun, agar kenaikan itu terjadi, banyak hal harus berjalan dengan benar," kata Ceyla dalam Laporan Global Economic Prospect 2020, Kamis (9/1/2020).

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi di negara maju diperkirakan akan turun menjadi 1,4% tahun ini. Sementara pertumbuhan negara berkembang diperkirakan akan meningkat menjadi 4,1%. Namun, akselerasi ini lanjutnya tidak akan berdampak luas di mana sekitar sepertiga dari pasar berkembang dan ekonomi berkembang diproyeksikan melambat tahun ini karena ekspor dan investasi yang lebih lemah dari perkiraan.

"Dengan pertumbuhan di negara-negara berkembang yang cenderung tetap lambat, para pembuat kebijakan harus mengambil kesempatan untuk melakukan reformasi struktural yang mendorong pertumbuhan berbasis luas yang penting untuk pengurangan kemiskinan. Langkah-langkah untuk meningkatkan iklim bisnis, supremasi hukum, pengelolaan utang, dan produktivitas dapat membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan," ujarnya.

Dalam Global Economic Prospect 2020, pertumbuhan Amerika Serikat diperkirakan akan melambat menjadi 1,8% tahun ini. Hal ini mencerminkan dampak negatif dari kenaikan tarif sebelumnya dan meningkatnya ketidakpastian.

Untuk pertumbuhan wilayah Euro diproyeksikan tergelincir ke bawah direvisi 1% pada tahun 2020 di tengah aktivitas industri yang lemah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: