Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kacang Rakyat Kalahkan Kacang Garuda

Kacang Rakyat Kalahkan Kacang Garuda Kredit Foto: Kemenkop-UKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo kerap terlihat menggunakan produk lokal dalam berbagai kesempatan blusukannya. Sepatu sneakers yang sering dipakai, misalnya, disebut-sebut buatan Bandung. Ia dan keluarganya juga suka berbelanja di Pasar Gede, Solo atau ngopi di kedai kopi kekinian.

Apa yang dilakukan Presiden menunjukkan perhatian besar pemerintah terhadap kelompok usaha kecil dan menengah. Pemerintah ingin produk-produk lokal berkembang maju serta mampu bersaing dengan produk bermerek dalam negeri maupun produk impor.

"Presiden ingin Kementerian Koperasi dan UKM menjalankan ini karena keadilan ekonomi berada di zona merah. Tetapi bukan berarti yang usaha besar dipreteli. Melainkan yang menengah dibesarkan, kemudian di-link-kan (bermitra)," kata Menkop-UKM Teten Masduki saat ngobrol bareng sejumlah pemimpin redaksi di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Menkop-UKM Undang Pemred Media Ngopi Bareng Bahas Koperasi dan UKM

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2018, jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah mencapai lebih dari 99 persen dari seluruh jenis usaha di Indonesia. Dengan rincian, usaha mikro 98,68%, kecil 1,22%, dan menengah 0,09%.

Untuk itu, kata Teten, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan upaya-upaya pengembangan UMKM dengan menggunakan strategi yang telah disusun dalam Rencana Strategi Nasional 2020.

Ada enam strategi pengembangan UMKM yang dipaparkan Teten. Pertama, soal perluasan akses pasar. Agar produk-produk UMKM dapat leluasa memasuki pasar, konsumsi di pasar dalam negeri perlu ditingkatkan. Merek-merek lokal juga perlu didorong untuk masuk ke pasar global.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhamad Ihsan
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: