Ilmuwan Lakukan Rekonstruksi Digital Terbaik Menampakkan Wajah Wanita Abad ke-16 Kredit Foto: The City of Edinburgh Council)
Warta Ekonomi, Edinburg -

Rupa wanita Skotlandia yang terkena penyaki kusta dapat dilihat melalui sebuah rekonstruksi digital baru. Teknologi ini mengungkapkan seperti apa dia sebelum kematiannya di usia 40 tahun pada 500 tahun lalu.

Dalam sebuah proyek baru seniman forensik secara digital merekonstruksi 12 wajah dari tengkorak yang ditemukan di Katedral St. Giles di Edinburgh, Skotlandia. Dari 12 wajah ini termasuk wajah wanita penjahit yang terkena kusta dan seorang pria yang kemungkinan besar adalah petani.

Baca Juga: Lewat Kuburan Kuno, Arkeolog Ungkap Kebiasaan Penguburan Orang Inggris Sebelum Invasi Romawi

Seorang arkeolog Pelayanan Arkeologi Dewan Kota Edinburgh John Lawson, mengatakan pihaknya meninjau kembali banyak kasus lama seperti ini. Sebab, Lawson ingin menempatkan wajah manusia tersebut ke dalam koleksi sisa-sisa manusia masa lampau yang dimiliki oleh mereka.

"Beberapa mengingatkan ke masa ketika Edinburgh masih menjadi kerajaan pada awal abad ke-12, ketika St. Giles pertama kali dibangun," ujar Lawson, seperti yang dilansir dari Live Science, Rabu (15/1/2020).

Para arkeolog awalnya menggali kuburan katedral pada 1980-an dan 1990-an. Secara keseluruhan, para peneliti menemukan lebih dari 100 pemakaman yang berasal dari abad ke-12 hingga pertengahan ke-16.

Sayangnya, hanya beberapa dari sisa-sisa manusia yang memiliki tengkorak hampir lengkap. Seniman forensik freelance, Karen Fleming mengatakan banyak sisa-sisa manusia memiliki masalah tulang, misalnya abses di mulut.

"Tetapi satu orang secara khusus menunjukkan tanda-tanda menderita kusta," ujar Fleming.

Wanita dengan kusta itu kemungkinan berusia antara 35 dan 40 tahun, ketika dia meninggal pada pertengahan abad ke-15 hingga ke-16. Hasil penelitian memperlihatkan adanya lesi yang menunjukkan bahwa ia tertular penyakit kusta pada usia dewasa.