UMKM Girang, Qasir Hadir Beri Solusi Gratis untuk Catat Keuangan

UMKM Girang, Qasir Hadir Beri Solusi Gratis untuk Catat Keuangan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Aplikasi Qasir merupakan layanan aplikasi yang bertujuan membantu usaha mikro di Indonesia. Dorongan pemerintan untuk meningkatkan dan menaikkan kelas Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) pun terus dilakukan dengan memberikan layanan berbasis teknologi. Aplikasi Qasir lah salah satunya.

Qasir hadir sejak tahun 2015. Aplikasi ini diproduksi oleh PT. Solusi Teknologi Niaga yang berfokus untuk para pelaku usaha, khususnya usaha mikro. Pada tahun 2019, aplikasi Qasir tercatat sukses menjangkau kurang lebih 200 ribu pengguna di 500 kota di Indonesia.

Miachael Williem yang merupakan CEO Qasir menyampaikan bahwa aplikasi ini sangat optimis untuk membantu para pelaku usaha khususnya mikro, dalam mencatat keuangan.

Kedepannya, Qasir akan terus memperbarui fitur-fiturnya agar semakin memudahkan pelaku usaha, terutama mikro agar sistem pencatatan keuangan mereka menjadi mudah. Qasir pun hadir menawarkan solusi secara gratis.

Selain itu, para pelaku usaha yang sudah menjadi pengguna aplikasi pun bisa mengajukan pinjaman modal untuk usahanya. Adapun pusat pengembangan Qasir berupa suatu pelatihan ke masyarakat.

Michael Williem menyatakan bahwa untuk misi pelatihan mereka sampai turun langsung ke masyarakat.

“Kita tidak punya sales people, kita punyanya coach. Kita turun langsung ke pasar-pasar untuk ngajarin masyarakat seberapa pentingnya pencatatan. Kita bahkan gak ngomongin aplikasinya dulu. Mereka harus mengerti dulu bahwa pencatatan itu penting. Hampir semua pasar di Jakarta sudah kita datangi,” jelas Michael, CEO Qasir (22/01/20).

Sementara menurut timnya, pengguna aplikasi dari data yang terbesar di Indonesia adalah komunitas di Malang. Hampir semua pengusaha kopi kekinian di Malang menggunakan Qasir sebagai alat bantu pencatatan mereka. Perkembangan point of sales Qasir ini sudah sangat organik tanpa melakukan kegiatan marketing sekalipun, tambah Michael.

Aplikasi Qasir bahkan sudah merambah sampai Malaysia. Meski demikian, tim Qasir masih berkonsentrasi untuk mengembangkan aplikasinya untuk para pelaku usaha dalam negeri.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini