Keren, Pelindo III Ciptakan Aplikasi Pendeteksi BBM dan Data

Keren, Pelindo III Ciptakan Aplikasi Pendeteksi BBM dan Data Kredit Foto: Mochamad Ali Topan

Perusahaan jasa pelabuhan PT Pelindo Indonesia III (persero) terus memanfaatkan digitalisasi untuk layanan pelabuhan. Salah satunya adalah menciptkan aplikasi khusus (Fasa) untuk mengkontrol Bahan Bakar Minyak (BBM) di kapal tunda (kapal penyendia BBM) dan data-data penting lainnya.

Menurut Senior Manajer IT dan Komunikasi Data Pelindo III Agus Dharmawan aplikasi ini banyak sekali manfaatnya. Pihaknya bisa monitoring langsung pergerakan kapal tunda saat peroperasi dilaut. Langkah ini kata Agus,  untuk efisiensi bahan bakar sekaligus semangat menuju industri 4.0 yang berbasis digital.

“Tak bisa dipungkuri lagi bahwa keberadaan digital saat dibutuhkan. Apalagi pelindo III sebagai perusahaan negara butuh layanan cepat dan akurat. Untuk itu, kami menciptakan aplikasi ini untuk memperbudah kinerja Pelindo III,” tegas Agus di Surabaya, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga: Dituduh Transfer BBM Ilegal, Pelindo I Buka Suara: Itu Bahan Bakar untuk. . .

Baca Juga: Bawa-bawa Kasus Century-Pelindo II, Demokrat Keukeuh Pansus: Jangan Takut!

Agus menjelaskan kineragi aplikasi ini yakni, aplikasi ini terhubung dengan desktop maupun ponsel pintar yang bisa memberikan laporan real time BBM lewat sensor CCTV yang terpasang di kapal tunda atau tugboat. Selain itu kata Agus, kinerja aplikasi ini mempermudah laporan data atau surat perizinan yang berbasisi digital.

Terbukti kata Agus, aplikasi yang sudah diciptakan sejak tahun 2013 lalu ini  berhasilnya mendeteksi robohnya container crane di Semarang melalui monitoring system.

"Termasuk tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Wihan Sejahtera di perairan Tanjung Perak tahun 2015 lalu," ujar Agus.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini