Selain Bagi-Bagi Ampao, Tradisi Imlek Ada yang Unik, Jangan Lupa Bayar Utang

Selain Bagi-Bagi Ampao, Tradisi Imlek Ada yang Unik, Jangan Lupa Bayar Utang Kredit Foto: Viva

Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 mulai digelar hari ini Sabtu 25 Januari 2020. Warga Tionghoa di seleruh penjuru tanah air bakal bakal bersuka-cita dengan pergantian Tahun Baru China, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menariknya, layaknya perayaan lebaran bagi umat muslim, perayaan Tahun Baru Imlek juga tak kalah meriah. Dan yang terpenting tidak melulu dengan tontonan tarian Barongsai. Ada beberapa tradisi lain yang sebenarnya cukup menarik disimak.

Nah dalam kesempatan ini, redaksi merangkum beberapa tradisi unik lainnya saat perayaan Tahun Baru Imlek di beberapa wilayah Indonesia.

1. Serba Merah
Salah satu tradisi yang banyak dilakukan saat merayakan Tahun Baru Imlek yakni menghias rumah dengan pernak-pernik bernuansa merah. Mulai dari lampion hingga hiasan lainnya. Selain tentunya busana merah.

Baca Juga: Ahok Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, Warganet: Bagi Angpaonya Pak

Baca Juga: Ucapkan Gong Xi Fa Cai saat Imlek Keliru Lho, Jadi Apa yang Cocok?

2. Berkumpul bersama keluarga
Bagi warga Tionghoa, perayaan Tahun Baru Imlek biasanya juga dijadikan momentum untuk berkumpul dengan keluarga. Tradisi ini sebenarnya memang sangat lazim dilakukan terutama bagi mereka yang merantau ke kota besar seperti Jakarta. Biasanya acara berkumpul dengan keluarga diisi dengan makan bersama.

3. Bayar utang
Mungkin tradisi ini yang tak banyak diketahui. Ya, jelang Imlek biasanya warga Tionghoa akan melunasi utang-utang mereka. Tradisi ini bertujuan untuk menghindarkan beban di tahun selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini