Kemenaker–Shopee Kembangkan Wirausaha Go Digital

Kemenaker–Shopee Kembangkan Wirausaha Go Digital Foto: Sufri Yuliardi

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Shopee menjajaki kerja sama lanjutan untuk memberikan pelatihan edukasi pemasaran digital dan pendampingan kepada tenaga kerja mandiri (TKM) yang dibina oleh Kemenaker.

Program TKM ini bertujuan untuk menciptakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha pada sektor informal. Program ini juga membina serta mengembangkan kader wirausaha baru (WUB) atau pengusaha pemula yang mandiri dan produktif dengan berbasis sumber daya alam (SDA) yang telah disesuaikan dengan sumber daya manusia (SDM) di daerah.

“Pemerintah ingin wirausaha produktif berbasis rakyat ini terus tumbuh dengan tata kelola yang lebih baik, inovasi yang tidak kenal henti, marketing yang lebih modern, dan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak. Shopee diharapkan memberikan edukasi dan pendampingan terkait pengembangan pemasaran produk melalui teknologi digital," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta (27/1/2020).

Baca Juga: Transaksi Shopee Melesat Tiga Kali Lipat di Festival 11.11

Ida pun berharap para peserta, khususnya para wirausaha baru, bisa membangun jaringan untuk membuka peluang usaha yang ditekuni.

"Para wirausaha baru ini dapat membuat toko online melalui ponselnya. Yang tadinya menjadi pembeli, diedukasi dan dibimbing menjadi penjual produk-produk andalan di aplikasi seperti Shopee. Sehingga, akan memiliki penghasilan sendiri dan merambah pasar yang lebih luas," kata Ida.

Pihaknya juga menyambut baik setiap komitmen yang dapat memberikan dampak positif atas pengembangan UMKM di Indonesia, seperti apa yang dikerjasamakan dengan Shopee sejak 2019 hingga tahun ini.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini