Larangan Amerika Tak Diindahkan, Italia Buka Pintu untuk Perusahaan China Ini

Larangan Amerika Tak Diindahkan, Italia Buka Pintu untuk Perusahaan China Ini Kredit Foto: Reuters/Philippe Wojazer

Italia tak berencana menghentikan peran perusahaan-perusahaan telekomunikasi China, termasuk Huawei dalam pengembangan jaringan 5G masa depan negara itu.

Amerika Serikat (AS) telah melobi Italia dan negara sekutu di Eropa untuk tak mengizinkan Huawei dan ZTE terlibat dalam pengembangan jaringan 5G di negara Barat.

"Pertama-tama, Italia harus melindungi kepentingan nasionalnya," ujar Wakil Menteri Perindustrian Italia, Mirella Liuzzi, dikutip dari Reuters, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga: Kelompok Keamanan Jaringan Uni Eropa Ikut Berkongsi dengan Huawei, Tak Peduli Seruan Amerika

Ia menambahkan, Italia mesti mengatasi masalah keamanan nasional tanpa memboikot vendor telekomunikasi manapun; berbanding terbalik dengan seruan AS.

Liuzzi berujar, "(Pemerintah Italia) tak boleh naif, perlu tindakan pencegahan tapi tanpa memboikot (vendor) manapun.

Salah satu langkahnya, Undang-Undang (UU) yang disahkan tahun lalu oleh Parlemen Italia. UU itu memberikan pemerintah perlindungan khusus untuk pemeriksaan atas penawaran komponen teknologi 5G dari perusahaan lokal ataupun asing.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini