Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mega ke Jokowi: Pak, Badan Riset & Inovasi Jangan Diserahkan ke Asing

Mega ke Jokowi: Pak, Badan Riset & Inovasi Jangan Diserahkan ke Asing Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN dibentuk dan di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Nantinya, semua kementerian dan lembaga yang memiliki lembaga riset akan disatukan di badan ini.

Hanya saja, Presiden RI ke-5 yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pengembangan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri meminta kepada Presiden Joko Widodo, untuk BRIN ini lebih mempercayakan peneliti-peneliti Tanah Air. Tidak langsung diberikan ke pihak asing.

Itu dikatakan Megawati saat menjadi pembicara dalam Pembukaan Rakornas Kemenristek/BRIN 2020 di kawasan Puspitek, Serpong Tangerang Selatan Banten, Kamis (30/1/2020).

Baca Juga: Puan ke Jokowi; Jangan Buru-buru, Pak! Untuk Rakyat Ini

"Saya ingin mengatakan jangan nantinya kita lebih dulu langsung melakukan kerja sama dengan teman-teman, sahabat-sahabat dari luar, kita gunakan dulu keseluruhannya dari anak negeri ini," kata Megawati dalam pidatonya.

Ia menceritakan, saat menjadi Wakil Presiden RI tahun 2000 sempat juga diberi tahu bahwa Indonesia harus menjadi tuan rumah olimpiade sains. Ternyata, banyak anak-anak Indonesia yang memiliki prestasi, baik individu maupun kolektif.

Ketum PDIP itu juga mengatakan, tidak sedikit putra-putri bangsa yang memiliki keahlian di bidang-bidang keilmuan yang berat. Seperti ahli metalogi, ahli nuklir hingga ahli minyak. Maka potensi itu harus diutamakan, di awal BRIN berdiri. Tidak justru langsung diserahkan ke asing.

Halaman:

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan