Dear Milenial, Sequis Punya Produk Baru untuk Kalian Lho...

Dear Milenial, Sequis Punya Produk Baru untuk Kalian Lho... Kredit Foto: Sequis

Keprihatinan pada kondisi anak muda di Indonesia yang kerap mengalami gangguan mental akibat kecanduan media sosial mendorong perusahaan asuransi Sequis untuk menghadirkan fitur baru nan menarik yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu perlindungan terhadap ganguan mental sepeti Obsessive Compulsive Disorder (OCD), Skizofrenia, dan bipolar. 

Jenis proteksi ini merupakan inovasi dari produk MiProtection yang merupakan unit bisnis dari MiPower. MiPower sendiri merupakan unit terbaru yang dibentuk pada tahun 2019  oleh PT Asuransi Jiwa Sequis Life yang secara khusus didesain sesuai dengan kebutuhan millenial. 

Media sosial seperti instagram memiliki fungsi sebagai media komunikasi, mengakses informasi terbaru, dan juga sarana untuk meng-update informasi. Namun demikian, jika kurang bijak dalam menggunakannya, maka sarana interaksi online ini malah justru dapat menyebabkan kecanduan. 

Hasil studi yang dilakukan oleh Royal Society for Public Health and the Young Health Movement pada tahun 2017 di Inggris menunjukkan, bahwa Instagram dapat merugikan kesehatan mental, khususnya untuk usia 14-24 tahun. 

Baca Juga: Asuransi Sinar Mas Sudah Gelontorkan Dana Rp2,38 M Buat Bayar Klaim Banjir

Baca Juga: Era Digital, Sequis Rambah Asuransi Online

Berbagai masalah yang ditimbulkan akibat terlalu intens menggunakan jenis media sosial ini sangatlah bervariasi. Pengguna dapat terkena gangguan fisik seperti mata lelah dan insomnia, masalah sosial dan ekonomi berupa kecemburuan dan rasa iri melihat orang lain yang terlihat lebih bahagia, atau lebih kaya. Selain itu, masalah lain dapat menyerang mental, yang mana akan menimbulkan rasa takut berlebihan apabila ketinggalan suatu informasi atau dikenal dengan istilah FOMO (Fear of Missing Out), merasa kesepian, kecemasan yang berlebihan, serta depresi. Ditambah lagi, kasus penindasan di dunia maya (cyberbullying) dan ujaran kebencian (hate speach) pun kini kian marak ditemukan di media sosial. 

Kecanduan terhadap media sosial sebenarnya dapat dihilangkan dengan melakukan detoks, atau berhenti mengaksesnya secara bertahap. Memperbanyak waktu untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di sekitar juga dapat membantu upaya untuk berpuasa media sosial. Namun apabila metode ini tidak berhasil akibat tingkat kecanduan yang sudah terlalu tinggi dan mengakibatkan masalah mental yang mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, maka langkah akhir yang harus ditempuh tentu saja dengan melakukan konsultasi kesehatan mental dengan psikolog. 

Sayangnya, kesadaran masyarakat untuk mengobati gejala gangguan mental masih rendah. Ditambah lagi biaya konsultasi ke psikolog yang terbilang cukup mahal, mulai dari Rp250 – Rp750 ribu untuk durasi pertemuan satu jam. Tentu saja tingginya biaya konsultasi ini dapat menyebabkan banyak anak muda enggan untuk segera mengatasi gangguan mental segera. 

Branding and Communication Stategist MiPOWER by Sequis Ivan Christian Winatha mengatakan MiProtection merupakan produk asuransi kesehatan untuk milenial yang memiliki fitur menarik yang belum pernah ada di pasaran, yaitu perlindungan atas gangguan mental seperti Obsessive Compulsive Disorder (OCD), Bipolar, dan Skizofrenia.

 “Kami ingin mengedukasi milenial untuk berasuransi melalui MiProtection sehubungan dengan risiko gangguan mental yang dapat terjadi pada milenial di era media sosial. Tentu kita perlu mencegah terjadinya gangguan mental agar berkesempatan mencapai hari esok kita yang lebih baik. Namun, jika sudah terdiagnosa mengalami gangguan kejiwaan maka sebaiknya segera dicarikan solusinya. Tetapi mengingat penghasilan milenial belum tentu cukup untuk menyiapkan dana tambahan guna konsultasi ke psikolog maka dengan memiliki MiProtection akan sangat membantu proses penyembuhan sekaligus menjaga kondisi keuangan milenial,” jelasnya kepada wartawan, Senin (3/2/2020).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini