Diancam AS, Inggris Seru Sekutu Hentikan 5G Milik Huawei

Diancam AS, Inggris Seru Sekutu Hentikan 5G Milik Huawei Foto: Reuters/Charles Platiau

Inggris akan meminta aliansi internasional untuk mengembangkan alternatif untuk menggantikan Huawei dalam mengembangkan jaringan 5G, kata Menteri Digital Nicky Morgan, Rabu (5/2/2020), dilansir dari Reuters.

Sebelumnya, Amerika mendesak Inggris untuk tidak menggunakan layanan 5G dari Huawei. Desakan lebih berupa ancaman, yakni pemutusan hubungan kerja sama Amerika dengan Inggris di bidang keamanan.

Inggris memberi Huawei peran terbatas dalam jaringan seluler 5G di negara itu minggu lalu, menggagalkan upaya globalĀ  Amerika Serikat untuk mengecualikan raksasa telekomunikasi China dari komunikasi generasi baru di Barat.

Baca Juga: China Digempur Corona, Huawei dan Perusahaan Teknologi Lain Jalan Terus

"Kami sangat bertekad bahwa penyedia peralatan 5G lain diperlukan untuk memberikan ketahanan ke jaringan 5G kami yang sangat penting," kata Morgan kepada wartawan setelah pidato di London dikutip.

"Mungkin kita harus bekerja sama dengan sekutu internasional kita, juga untuk memastikan kita mendapatkan penyedia lain yang beroperasi di tempat lain untuk beroperasi di Inggris, atau mungkin berpotensi memiliki perusahaan lain yang dapat menawarkan peralatan itu sehingga kita dapat memiliki ketahanan itu dalam sistem kami," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini