Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

McDonald’s dan Chick-fil-A Perang Menu Sarapan, Enakan Mana?

McDonald’s dan Chick-fil-A Perang Menu Sarapan, Enakan Mana? Kredit Foto: Reuters/Rogan Ward
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua restoran cepat saji kelas berat di Amerika Serikat, McDonald’s (MCD) dan Chick-fil-A, sedang berperang menyajikan menu sarapan pagi sandwich ayam.

MCD memperkenalkan McChicken Biscuit dan sandwich Chicken McGriddle. Dua menu sarapan baru ini tersedia untuk waktu yang terbatas di sejumlah cabang di AS.

Baca Juga: McDonald’s Buka Gerai di Summarecon Makassar

"Dengan peluncuran sandwich Chicken McGriddles dan McChicken Biscuit secara nasional, kami memberi lebih banyak yang diinginkan pelanggan: ayam dan sarapan lezat,” kata Wakil Presiden Menu Inovasi McDonald’s Linda VanGosen, dikutip Yahoo Finance, Rabu (29/1/2020).

McDonald’s, kata Vangosen, berkomitmen untuk tetap terdepan dalam kategori menu sarapan cepat saji. Yakni melalui penawaran lezat, inovasi menu yang konsisten, dan pengalaman drive-thru yang lebih cepat.

Lalu, bagaimana menu sandwich ayam MCD itu jika dibandingkan dengan rival beratnya Chick-fil-A? Zack Guzman, pembawa acara YFi dari Yahoo Finance, mencoba mencicipi menu sarapan sandwich ayam dari kedua restoran tersebut.

"Pada pandangan pertama, Biskuit McChicken terlihat sangat mirip dengan Biskuit Ayam Chick-fil-A. Tapi sayangnya, rasanya tidak persis seperti itu. Aku sudah menantikan ini sepanjang hari. Dan sekarang aku sedih karenanya," kata Guzman.

Patty ayam dalam sandwich milik Chick-fil-A tampaknya jenis yang sama dengan patty dalam sandwich McChicken. Meski begitu, kedua sandwich agak mengecewakan. Namun, Chicken McGriddle yang menjadi pemenangnya dengan selisih yang kecil.

"Ini mungkin peringkat terendah yang saya berikan pada tes rasa makanan kami. Nilainya satu dari lima bintang," kata Guzman.

Persaingan di kalangan resto cepat saji sangat ketat. Perusahaan seperti Wendy's juga mencoba mencuri pangsa pasar untuk menu sarapan dari McDonald’s. Sementara, McDonald’s masih memimpin.

"Sebenarnya kami juga memperhatikan kompetitor meningkatkan aktivitas sarapan mereka selama tahun ini. Jadi, memiliki pendatang lain di tahun depan hanya akan memastikan bahwa pertarungan pangsa pasar tetap kompetitif seperti biasa," kata Steve Easterbrook, CEO McDonald's saat itu di acara konferensi perusahaan, Oktober 2019.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lili Lestari
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: