Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2019, Ekonomi Sumut Tumbuh 5,22 Persen

2019, Ekonomi Sumut Tumbuh 5,22 Persen Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Warta Ekonomi, Medan -

Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara tahun 2019 tumbuh sebesar 5,22 persen. Pertumbuhan ini terjadi pada seluruh lapangan usaha. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Informasi dan Komunikasi sebesar 9,63 persen, diikuti oleh penyediaan akomodasi dan makanan minuman sebesar 8,88 persen, dan administrasi pemerintah sebesar 8,15 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, Syech Suhaimi menyampaikan, berdasarkan sumber pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara tahun 2019, sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan, Perikanan, sebesar 1,27 persen, kemudian diikuti Perdagangan Besar Eceran, Reparasi Mobil, Sepeda Motor, sebesar 1,23 persen, Kontruksi sebesar 0,92 persen, dan Transortasi sebesar 0,28 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara dari lapangan usaha lainya tumbuh sebesar 1,52 persen.

"Struktur Pertumbuhan PDRB Sumatera Utara menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada tahun 2019 tidak menunjukan perubahan berarti. Perekonomian Sumatera Utara masih didominasi oleh Lapangan Usaha Utama, yaitu Pertanian, dan Perikanan sebesar 20,48 persen, Industri Pengolahan sebesar 18,98 persen, Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor ada perubahan sebesar 14,19 persen," katanya, kemarin.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: