Di Kanada, Penjualan Mobil Korea Sukses Besar. Ini Bintangnya

Di Kanada, Penjualan Mobil Korea Sukses Besar. Ini Bintangnya Kredit Foto: Reuters/Carlos Barria

Di Kanada, perusahaan-perusahaan otomotif tidak lagi mengeluarkan laporan penjualan bulanannya. Dimulai dengan GM Kanada pada akhir 2018. Kini, mereka beralih ke laporan penjualan triwulanan.

Autonews, Senin (3/2/2020) melaporkan, kurang dari 40 persen dari pasar otomotif diwakili oleh pabrikan yang melaporkan hasil penjualan mereka di Januari 2020. Mereka yang melaporkan hasil penjualan antara lain Toyota, Nissan, Mitsubishi, Subaru, Kia, Hyundai, Mazda, dan Volvo.

Baca Juga: Hampir Bangkrut, Miliarder F1 Langsung 'Guyur' Dana Rp3,2 Triliun ke Perusahaan Mobil Mewah Ini

Namun, itu tidak cukup menunjukkan tren industri secara keseluruhan. Satu hal yang menonjol adalah brand Korea sukses besar. Penjualan Hyundai melonjak 12,8 persen pada Januari dan Kia 14,0 persen.

Pada kasus Hyundai, tingginya penjualan truk mengimbangi penurunan penjualan mobil. Sementara Kia, kedua kategori tersebut sama-sama naik dengan perbandingan 50:50, hampir sama antara mobil dan truk.

Kekuatan mobil Kia utamanya didukung oleh penjualan Forte dan Soul. Kinerja Hyundai didukung oleh crossover baru Venue, terjual 456 unit pada Januari dan Palisade 430 unit. Kona makin populer, penjualannya naik 36 persen. Sementara kembaran Kona, Seltos baru, belum dijual pada Januari.

Subaru mengikuti jejak Hyundai dengan penjualan mobil turun dan truk naik. Subaru mencapai kenaikan 5,7 persen, rekor pada Januari. Penjualan tertinggi Subaru adalah crossover Crosstrek. Mitsubishi juga mengklaim rekor Januari, naik 1,6 persen. Penjualan Volvo naik 0,9 persen dan Mazda 0,3 persen.

Untuk Toyota, penjualan Lexus yang lebih tinggi terbebani dengan menurunnya volume Toyota, membuat perusahaan menunggak 3,8 persen secara keseluruhan. Toyota melaporkan catatan penjualan hybrid Januari. Penjualan minivan Sienna mengalami penurunan 75 persen.

Penjualan Nissan turun 8,4 persen meski mengalami kenaikan untuk model Rogue yang naik 15,8 persen dan Kicks naik 154 persen. Mengimbangi itu, penjualan Sentra turun 51 persen. Penjualan Versa Note sekarang dihentikan untuk menutup lubang 365 unit dalam total penjualan Nissan dibandingkan Januari lalu.

Penjualan brand-brand otomotif yang telah dilaporkan tersebut sejauh ini naik sekitar 3 persen jelang Januari 2019. Namun, merek-merek itu hanya mewakili sekitar 38 persen dari pangsa pasar secara keseluruhan. Sumber utama data penjualan Kanada, Desrosiers Automotive Consultants, memutuskan untuk tidak memublikasikan ringkasan penjualan bulanannya yang biasa.

Ekonom Scotiabank, Rebekah Young, baru-baru ini mengeluarkan laporan yang memperkirakan akan terjadi penurunan penjualan kendaraan pada 2020 menjadi 1,91 juta unit dari 1,92 juta unit pada tahun lalu.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini