Swasta Kelola Bandara Komodo 25 Tahun, Dijual?

Swasta Kelola Bandara Komodo 25 Tahun, Dijual? Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Cinta Airport Flores (CAF) telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Penandatanganan yang menandai mulainya proyek pengelolaan bandara di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, Dirut PT CAF Imam Ololan Jafar, dan Dirut PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Muhammad Wahid Soetopo.

Hadir pula untuk menyaksikan langsung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menparekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Wishnutama Kusubandio.

Baca Juga: Pengembangan Bandara Komodo Dikerjakan Swasta, Menhub Jawab: Presiden yang Minta

Sebagai tambahan informasi, CAF merupakan konsorsium yang terdiri dari PT Cardig Aero Services Tbk (CASS Group) dan Changi Airport International Pte Ltd (CAI). Dalam hal ini CASS Group memiliki saham mayoritas.

Menhub Budi menuturkan, buah dari kerja sama ini bakal mendorong perekonomian di Indonesia bagian Timur melalui sektor pariwisata.

"Kerja sama ini merupakan salah satu visi pemerintah, yaitu untuk menghadirkan negara di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sebagai komitmen pemerintah terhadap konektivitas guna mendorong pertumbuhan ekonomi negara dalam sektor pariwisata sekaligus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Menhub Budi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini