Portal Berita Ekonomi Rabu, 03 Juni 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:29 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,37% terhadap Yen pada level 7,10 CNY/USD.
  • 21:25 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,59% terhadap Poundsterling pada level 1,2566 USD/GBP.
  • 21:24 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,44% terhadap Euro pada level 1,1185 USD/EUR.
  • 21:22 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.744 USD/troy ounce.
  • 21:20 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 39,09 USD/barel.
  • 21:19 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 35,93 USD/barel.
  • 21:16 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq dibuka negatif 0,01% pada level 9.551.
  • 21:06 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones dibuka positif 0,58% pada level 25.623.
  • 21:05 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 dibuka positif 0,14% pada level 3.060.
  • 16:17 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,38% terhadap Yuan pada level 7,10 CNY/USD.
  • 16:14 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 1,11% pada level 23.995.
  • 16:13 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 0,20% pada level 2.921.
  • 16:12 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 2,25% pada level 2.608.
  • 16:12 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 1,19% pada level 22.325.
  • 16:11 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup positif 1,07% pada level 2.087. 

Save Our Sea: Saatnya Masyarakat Pesisir Lebih Berdaya

Save Our Sea: Saatnya Masyarakat Pesisir Lebih Berdaya

Beberapa Hal yang Perlu Disimak

1. Pemberdayaan masyarakat pesisir dilakukan berbasis masyarakat. Agar lebih optimal jika direalisasikan dengan pendekatan konsep co-management, yaitu konsep manajemen pengelolaan bersama. Artinya, para pihak yang berkepentingan setuju saling berbagi peran dalam pengelolaan, serta hak dan tanggung jawab, dengan tujuan utama agar pengelolaan lebih tepat, efisien, adil, dan merata (Nikijuluw 2002);

Baca Juga: Save Our Sea: Ketika Sampah Plastik Jadi Public Enemy

2. Salah satu formulasi strategi pemberdayaan kaum nelayan adalah pengembangan akses permodalan karena pemasalahan ini selalu menjadi faktor utama penghambat dalam menaikkan taraf ekonomi para nelayan miskin. Yaitu sulitnya memperoleh modal untuk pengembangan teknologi dan skala usahanya. Pemerintah diharapkan bisa mengalokasikan dana dalam bentuk skim khusus untuk memberikan modal kepada para nelayan;

3. Perlu pengembangan teknologi, karena penggunaan teknologi yang sederhana selama ini berdampak pada rendahnya pendapatan mereka. Juga perbaikan teknologi dan penggunaan teknologi yang lebih modern agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu, penggunaan teknologi harus disesuaikan dengan karekteristik dan kebutuhan nelayan, baik dari segi kapasitas kemampuan dan keterampilan sumberdaya mereka;

4. Dalam pengembangan akses pemasaran, pemerintah harus membantu dengan membuka dan memberikan akses yang lebih luas lagi dalam pemasaran hasil tangkapan para nelayan. Perbaikan sistem dan pengembangan akses pemasaran penting dipertimbangkan dalam pemberdayaan masyarakat pesisir oleh pemerintah daerah sehingga para nelayan bisa bersaing dengan para nelayan kaya dan pemilik modal lainnya;

5. Dengan penguatan kelembagaan, para nelayan dan masyarakat pesisir diharapkan dapat meningkatkan posisi tawarnya secara sosial dan ekonomi sehingga akan menjadi sebuah fondasi yang kokoh dalam upaya menanggulangi kemiskinan secara mandiri.

Akhir kata, upaya untuk mengeluarkan masyarakat pesisir dari kemiskinan sudah sejak dulu dilakukan oleh pemerintah. Beberapa kebijakan pemerintah bahkan telah dilaksanakan secara langsung, yaitu fasilitasi sarana dan prasarana, perluasan lapangan usaha, modernisasi alat tangkap, bantuan permodalan dll. Namun sayangnya, program-program pemerintah yang selama ini diberikan kepada masyarakat pesisir lebih bernuansa bantuan dibandingkan dengan program pemberdayaan.

Hal ini telah menimbulkan persepsi dan pola pikir yang keliru di masyarakat pesisir yang menganggap program tersebut sebagai hadiah (charity). Kalau sudah soal hadiah, sepertinya susah mengubah mindset yang sudah mengakar. Jadi ingat pepatah Jawa yang mengatakan: watuk biso diobati, watek susah diowahi.

Artinya: batuk bisa diobati, sedangkan karakter susah diubah. Tapi sejujurnya, upaya untuk mengangkat harkat kehidupan dan martabat masyarakat pesisir melalui pemberdayaan berbasis masyarakat telah menjadi semangat pemimpin nasional maupun lokal. Tinggal menunggu siapa figur yang konsisten, komitmen, dan concern mewujudkan kesejahteraan masyarakat pesisir di masa mendatang.

Kita tunggu saja pernyataan Bill Gates: seperti yang kita lihat pada masa yang akan datang, pemimpin akan menjadi orang-orang yang memberdayakan orang lain – menjadi nyata. Kita tunggu saja. Tanpa batas sampai kapannya.

Baca Juga

Tag: Dwi Mukti Wibowo

Penulis: Dwi Mukti Wibowo, Pemprakarsa Gerakan Save Our Sea

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Antara/Iggoy el Fitra

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,882.91 3,843.25
British Pound GBP 1.00 18,199.19 18,015.22
China Yuan CNY 1.00 2,046.41 2,025.73
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,574.51 14,429.49
Dolar Australia AUD 1.00 9,881.52 9,780.31
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,880.34 1,861.61
Dolar Singapura SGD 1.00 10,360.04 10,254.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,209.77 16,047.04
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,397.32 3,355.70
Yen Jepang JPY 100.00 13,541.31 13,402.83
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4847.507 93.895 692
2 Agriculture 966.684 1.753 22
3 Mining 1270.446 32.245 49
4 Basic Industry and Chemicals 759.541 13.808 78
5 Miscellanous Industry 854.205 -4.191 52
6 Consumer Goods 1820.498 13.773 58
7 Cons., Property & Real Estate 326.467 3.510 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 883.534 19.450 78
9 Finance 995.519 33.004 93
10 Trade & Service 611.583 4.950 172
No Code Prev Close Change %
1 ASBI 270 336 66 24.44
2 DIVA 940 1,145 205 21.81
3 BBTN 760 925 165 21.71
4 AKSI 117 141 24 20.51
5 MBTO 59 70 11 18.64
6 TMPO 127 148 21 16.54
7 DUCK 470 540 70 14.89
8 PJAA 466 535 69 14.81
9 PANS 745 855 110 14.77
10 ETWA 64 73 9 14.06
No Code Prev Close Change %
1 DFAM 400 372 -28 -7.00
2 STTP 8,300 7,725 -575 -6.93
3 ARKA 1,300 1,210 -90 -6.92
4 LAND 318 296 -22 -6.92
5 NATO 535 498 -37 -6.92
6 CASS 188 175 -13 -6.91
7 VICO 116 108 -8 -6.90
8 ADES 960 895 -65 -6.77
9 OCAP 150 140 -10 -6.67
10 POLI 1,050 980 -70 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,950 3,180 230 7.80
2 BBTN 760 925 165 21.71
3 PURA 75 77 2 2.67
4 TKIM 3,970 4,260 290 7.30
5 BBCA 25,950 26,800 850 3.28
6 TLKM 3,150 3,250 100 3.17
7 ICBP 8,150 8,475 325 3.99
8 BMRI 4,470 4,620 150 3.36
9 BBNI 3,830 3,970 140 3.66
10 INDF 5,750 6,025 275 4.78