Pertumbuhan Tertinggi, Wisatawan Indonesia ke Singapura Masuk 3 Besar

Pertumbuhan Tertinggi, Wisatawan Indonesia ke Singapura Masuk 3 Besar Kredit Foto: Foto: Reuters.

Angka kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Singapura tercatat sebagai salah satu yang memiliki pertumbuhan absolut tertinggi di 2019, bersama Tiongkok dan Amerika Serikat.

Wisatawan Indonesia masih tercatat terbesar kedua bagi Singapura, dengan 3,11 juta wisatawan pada 2019.

Baca Juga: Kian Khawatir Virus Corona, Malaysia Perluas Larangan Masuk Wisatawan China

Indonesia menjadi salah satu negara pendukung  pertumbuhan pendapatan pariwisata di negeri Singa tersebut.

Hal itu tampak dari wisata belanja wisatawan Indonesia, serta bertambahnya jumlah wisatawan yang datang menggunakan maskapai penerbangan Singapura.

Pada Januari hingga September 2019, angka pendapatan pariwisata dari Indonesia mencapai 2,26 miliar dolar AS dengan pertumbuhan enam persen.

Pertumbuhan absolut tertinggi secara year-on-year dalam devisa sektor pariwisata di luar dari jalan jalan maupun aktivitas hiburan.

“Kami senang mengetahui wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura untuk liburan maupun bisnis lebih banyak dari sebelumnya," ungkap Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director Singapore Tourism Board (STB) di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Rekor yang tinggi dari angka kunjungan wisatawan Indonesia menunjukkan Singapura sebagai destinasi yang diminati wisatawan Indonesia.

Tidak hanya wisatawan asal Jakarta, namun juga kota-kota di luar Jakarta.

Pertumbuhan ini membuktikan pendekatan quality tourism dan upaya diversifikasi pasar ke kota-kota di luar Jakarta telah membuahkan hasil.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini