Ilmuwan Temukan Bukti-bukti Mars Pernah Diisi Oleh Air, Seperti Apa Bentuknya?

Ilmuwan Temukan Bukti-bukti Mars Pernah Diisi Oleh Air, Seperti Apa Bentuknya? Kredit Foto: Slash Gear
Warta Ekonomi, Washington -

Ilmuwan menemukan hal baru mengenai air di planet Mars. Diketahui, planet Mars memiliki kandungan air yang mengandung mineral. Hal ini membuat air di Mars bersifat asin.

Miliaran tahun yang lalu, Mars memiliki air dalam bentuk cairan di permukaannya dalam bentuk danau, sungai, dan bahkan lautan yang menutupi sebagian besar belahan planet.

Baca Juga: Planet Mars Bakal Sembunyi di Balik Bulan Besok, Seperti Apa Ya?

Bukti dari masa lalu yang lebih hangat dan basah ini tampak di banyak tempat di seluruh lanskap dalam bentuk aluvial, delta, dan endapan tanah liat yang kaya mineral.

Namun, selama lebih dari setengah abad, para ilmuwan telah memperdebatkan apakah air masih ada di Mars saat ini.

Menurut penelitian baru oleh Ilmuwan Senior di Planetary Science Institute, Norbert Schorghofer, air yang bersifat asin dapat terbentuk secara singkat di permukaan Mars.

Meskipun berumur pendek (hanya beberapa hari setahun), potensi keberadaan air asin musiman di permukaan Mars akan memberi tahu kita banyak hal tentang siklus musiman Planet Merah.

Dilansir di Universe Today, Kamis (20/2/2020) disebutkan, penelitian Schorghofer dipublikasikan di The Astrophysical Journal.

Untuk menjawab pertanyaan apakah embun beku musiman dapat meleleh, sehingga menghasilkan air cair, Schorghofer mempertimbangkan serangkaian model kuantitatif, serta info terbaru tentang konveksi panas dan model keseimbangan energi permukaan tiga dimensi.

Sementara banyak air yang pernah ada di Mars telah diawetkan dalam bentuk es di kutubnya, keberadaan air cair sangat sulit untuk ditentukan.

Planet ini mengalami siklus musiman seperti Bumi, yang akan membuat seseorang menyimpulkan bahwa es ini mencair secara berkala.

Halaman: