Diperiksa Lagi, KPK Cecar Hasto Terkait Percakapan Skandal PAW PDIP

Diperiksa Lagi, KPK Cecar Hasto Terkait Percakapan Skandal PAW PDIP Kredit Foto: Antara/Reno Esnir

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, terkait percakapan skandal proses PAW Anggota DPR dari PDIP. Percakapan tersebut diperoleh penyidik dari bukti elektronik yang disita sebelumnya.

"Hari ini kami kembali periksa Hasto Kristiyanto sebagai saksi selaku Sekjen PDIP di mana pemeriksaan hari ini merupakan pendalaman pemeriksaan sebelumnya dan lebih fokus kepada terkait konfirmasi isi dari barang bukti elektronik," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga: 51 Kasus Dibuka, Firli KPK: Jangan Lihat yang Hentinya Saja

Tim penyidik kembali memeriksa Hasto sebagai saksi kasus tersebut. Meski demikian, Ali enggan mengungkapkan lebih jauh mengenai isi percakapan yang dikonfirmasi penyidik kepada Hasto. Termasuk saat ditanyai munculnya nama Hasto dalam percakapan tersebut.

"Bahwa mengenai nama, materi seperti apa, saya sampaikan secara umum bahwa itulah yang kemudian dipertanyakan kepada para saksi oleh penyidik KPK. Namun tentang detailnya seperti apa, tentu belum bisa saya sampaikan hari ini," kata Ali.

Selain kepada Hasto, tim penyidik juga mendalami mengenai percakapan tersebut kepada Nurhasan, satpam di kantor Hasto yang juga diperiksa sebagai saksi pada hari ini. Namun, Ali bersikeras tak mau mengungkap isi percakapan yang sedang didalami penyidik.

"Detailnya enggak bisa disebutkan termasuk saksi terakhir Nurhasan penjaga atau tenaga keamanan di Kantor Hasto, itu juga mengonfirmasi beberapa percakapan dan komunikasi melalui barang bukti dan elektronik," katanya.

Ali menambahkan semuanya akan dibuka secara terang benderang nantinya di pengadilan.

"Nanti di persidangan tentu akan dibuka seluas-luasnya oleh jaksa penuntut umum yang akan menyidangkan perkara keempat tersangka ini," katanya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini