Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kontribusi IndiHome dalam Pembangunan Digital Indonesia

Kontribusi IndiHome dalam Pembangunan Digital Indonesia Kredit Foto: IndiHome
Warta Ekonomi, Jakarta -

IndiHome sebagai layanan triple play dengan infrastruktur terdepan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia.

Sebagai wujud dari komitmen tersebut, IndiHome telah melakukan ekspansi secara masif dan telah tersedia di 486 dari 514 kota dan kabupaten di Indonesia. IndiHome menyediakan jaringan 100% fiber optik melalui program Modern Broadband Province.

Modern Broadband Province adalah program modernisasi jaringan tembaga ke jaringan fiber optik yang bertujuan agar pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih baik karena melalui kualitas layanan berbasis fiber optik dapat menghadirkan performa yang jauh lebih mumpuni, bahkan hingga ke tahapan internet of things seperti home security dan lainnya.

Saat ini Modern Broadband Province telah dilakukan di Sulawesi Tenggara, Bukit tinggi, Sumatera Selatan, Kalimantan, dan provinsi lainnya. Melalui program ini dapat dilihat bukti nyata IndiHome dalam membangun masyarakat digital Indonesia.

Pemerataan 100% fiber optik juga dilakukan oleh IndiHome untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan kecepatan internet yang tinggi. Saat ini, seluruh pelanggan dapat menikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps, yang sebelumnya telah diluncurkan oleh IndiHome di Sibolga. Bahkan, IndiHome akan terus mempersiapkan kecepatan internet yang lebih tinggi lagi.

Fokus utama IndiHome dalam membangun masyarakat digital tidak henti hanya sampai pada kecepatan internet, namun juga dalam menciptakan produk-produk digital. Dalam layanan TV interaktifnya IndiHome memiliki 231 channel (157 SD, 69 HD, dan lima Dolby) dan 19 minipack.

IndiHome terus melakukan inovasi dengan menyediakan berbagai channel yang berkualitas dan juga fitur digital dalam TV interaktif IndiHome, seperti Playback, Pause and Rewind, dan TV on Demand. Melalui kedua fitur ini, pelanggan dapat memutar dan menonton kembali tayangan kesukaan hingga tujuh hari sekaligus.

Pengalaman digital pelanggan melalui TV interaktif IndiHome juga dapat dinikmati dengan menarik melalui fitur TV Storage yang dapat menyimpan rekaman tayangan film favorit dengan durasi setara kurang lebih 600 menit untuk kualitas SD dan 240 menit untuk HD. IndiHome dalam TV interaktifnya juga menyediakan fitur khusus untuk para pecinta film dalam video on demand, yaitu CATCHPLAY+, Iflix, HOOQ. Melalui beragam fitur menarik ini, TV interaktif IndiHome telah berhasil memiliki 172 juta viewers.

IndiHome menggunakan big data yang dimiliki oleh Telkom secara efektif untuk membangun sumber daya masyarakat Indonesia melalui digital experience. Dalam mencapai hal tersebut, IndiHome menyediakan fitur Cloud Storage & IndiHome Storage dengan pilihan kapasitas 1 Gb hingga 128 Gb sehingga pelanggan IndiHome tidak perlu lagi khawatir dalam menyimpan data pribadi secara aman.

IndiHome juga menciptakan IndiHome Smart yang berupa perangkat pengawasan secara otomatis dengan teknologi modern di rumah, apartemen, atau premium cluster yang dapat dimonitor jarak jauh melalui smartphone pelanggan.

Tidak hanya dari sisi bisnis, namun IndiHome juga tetap memperhatikan aspek dalam membangun digitalisasi di Indonesia. IndiHome memanfaatkan big data dalam membangun digital learning anak didik di Indonesia. Melalui big data yang dimiliki oleh Telkom, IndiHome membuat konten-konten yang membangun digitalisasi terutama di bidang pendidikan, baik formal maupun non-formal.

IndiHome menyediakan layanan pendidikan formal melalui aplikasi IndiHome Study atau website www.indihomestudy.com. Di dalam IndiHome Study ini kaya akan video pembelajaran, latihan soal dan materi lengkap dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK serta dilengkapi buku digital untuk guru dan murid. Tidak hanya itu, IndiHome Study juga menyediakan ulasan jawaban sehingga anak didik di Indonesia dapat belajar dengan mudah dan efektif berbasis digital. IndiHome Study dapat diakses oleh seluruh anak Indonesia, termasuk wilayah pelosok seperti Papua, Suku Baduy Luar, Pulau Rote, Manokwari Selatan, dan lain sebagainya.

Sementara itu, sebagai dukungan IndiHome kepada pendidikan non-formal dilakukan melalui berbagai channel edukasi, salah satunya adalah Ruang Trampil yang dapat diperoleh dari IndiHome TV. Di dalam channel Ruang Trampil, terdapat beragam program di antaranya Ruang Musik, Ruang Fashion, Ruang Kreatif, dan Belajar Yuk. Melalui channel ini, seluruh masyarakat di Indonesia bukan hanya anak muda namun juga ibu rumah tangga dapat belajar membuat kerajinan tangan kreatif yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

IndiHome yang merupakan bisnis fixed broadband Telkom, sampai dengan akhir 2019 telah berhasil mencatatkan pertumbuhan positif yaitu tujuh juta pelanggan atau tumbuh 37%. Pada akhir tahun 2019, IndiHome semakin menguatkan posisinya sebagai market leader fixed broadband dengan share 86%, meningkat 2% dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan revenue IndiHome pun tumbuh 48% pada tahun 2019.

Sebagai layanan digital milik Telkom, IndiHome juga berhasil meningkatkan pertumbuhan revenue digital service-nya sebesar 37% YoY. IndiHome selalu mengedepankan kepentingan dari pelanggan agar dapat mewujudkan masyarakat digital serta menghapus kesenjangan digital di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: