Setelah Dapat Dana dari Softbank, 3 Startup Ini Malah PHK Karyawan! Mulai Terpuruk?

Setelah Dapat Dana dari Softbank, 3 Startup Ini Malah PHK Karyawan! Mulai Terpuruk? Kredit Foto: OYO Hotels

Perusahaan startup bekingan Softbank lagi-lagi harus menghadapi pemberitaan yang kurang menyenangkan. Setelah 'bakar uang' lewat diskon-diskon, kini mereka harus dihadapi dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) para karyawannya. 

Dilansir dari CNN di Jakarta, Kamis (27/2/2020) selama dua tahun, dunia teknologi kerap didukung oleh SoftBank's Vision Fund yang berupaya memompa dana sebesar USD 93 miliar ke dalam berbagai perusahaan rintisan teknologi.

Baca Juga: Bos SoftBank Ogah Jual Sahamnya di Alibaba, Padahal Activist Investornya Niat Lakukan . . . .

Namun sepertinya perusahaan startup mulai 'kebakaran jenggot' dan tidak bisa bertahan akibat berfoya-foya dari dana tersebut. Tak hanya WeWork dan Uber, ini deretan perusahaan startup bekingan Softbank yang ikut terpuruk:

Oyo

Beberapa bulan yang lalu, jaringan diskon hotel OYO tampak tak terbendung. Startup yang berbasis di India ini bahkan berencana ekspansi secara global dan melihat valuasinya berlipat ganda menjadi USD 10 miliar pada Oktober. Namun, pada pertengahan Januari, perusahaan hotel ini mulai menyapu PHK yang telah menyebabkan ribuan orang kehilangan pekerjaan.

Fair.com

September lalu, perusahaan penyewaan mobil ini berhasil mengumpulkan hampir USD 400 juta dalam pendanaan. Dan setahun sebelumnya, mereka mengakuisisi salah satu saingannya, Canvas, lalu memangkas 40% tenaga kerjanya seminggu kemudian.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini