Curhat Warganet Atas Nasib Nahas IHSG: Mulai dari 'Gak Kuat' hingga 'Semua Akan Indah pada Waktunya'

Curhat Warganet Atas Nasib Nahas IHSG: Mulai dari 'Gak Kuat' hingga 'Semua Akan Indah pada Waktunya' Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir tragis pada penutupan perdagangan sesi I, Kamis (27/02/2020) siang. Dengan koreksi sedalam -2,63%, IHSG harus berhenti di angka 5.539,38. Bahkan, beberapa menit sebelumnya, tekanan jual yang mencapai ratusan miliar rupiah mampu mendorong IHSG hingga ke level terendahnya Januari 2019 di angka 5.38,68.

Apa yang terjadi pada IHSG tidak hanya menggemparkan pasar modal, tetapi juga jagat media sosial. Misalnya saja, dalam unggahan akun Instagram @ngertisaham, warganet yang sebagian besar merupakan investor pasar modal memberi komentar beragam terhadap hasil tanggapan layar yang diunggah oleh admin akun tersebut.

Baca Juga: Modal Asing BRI, BCA, Mandiri, dan BNI Dibabat Habis, IHSG Bikin Nangis Darah!

Tangkapan layar yang diunggah oleh admin @ngertisaham itu menunjukkan grafik IHSG yang terkoreksi lebih dari -1% disertai dengan kalimat tanya, "Masih kuat liat porto guys?". Dalam waktu singkat, tak kurang dari 900 komentar warganet membanjiri unggahan tersebut.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Strategi Mince krn masih ada amunisi jd serok bluechip inceran dikit2/tipis2 krn takut jatuh lg, kl udah keabisan amunisi mending tutup aplikasi!! Strategi agan gimana?

A post shared by NGERTISAHAM (@ngertisaham) on

Sebagian besar warganet merasa sedih melihat grafik IHSG yang terjun bebas sedemikian dalam. Mengaku kehilangan banyak amunisi dan merasa tak tahan lagi melihat portofolio yang terbakar, tak sedikit investor yang mengaku memilih untuk menutup aplikasi trading sementara waktu. 

Baca Juga: Warning! Asing Ngamuk-Ngamuk, Pasar Modal Remuk Sampai Jatuh Lebih dari 2,30% di Kamis Siang

"Gue ga kuat min buka porto :( menyesal bulan lalu beli byk2 bangke hahaha," tulis pemilik akun @pravistayoga

Begitu juga dengan pemilik akun @missvegeice yang mengatakan, "Min buka porto minus challenge please huhu biar tau gak sndrian ... gk tahan aku lihat porto ku minus 10jt, nth hari ini duhhhh."

Asal tahu saja, tak sedikit pula investor yang mengaku kehilangan puluhan juta rupiah akibat koreksi IHSG tersebut, salah satunya adalah pemilik akun bernama @@syntialukmanto yang mengaku portofolionya minus hingga Rp75 juta, "Minus 75juta :( :( :( :("

Komentar itu pun langsung ditanggapi oleh warganet lainnya yang mencoba menguatkan, termasuk juga sang admin yang membalas, "kuat kuat kuat, yg penting isi porto fundamental oke yakan."

Ada pula warganet yang membalas dengan komentar santai, yakni @opiikidiw yang mengatakan, "mantaappp. Akan indah pada waktunya nanti plus 75jt."

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini