Aplikasi FisTX Bakal Dongkrak Perekonomian Petani Ikan, Caranya?

Aplikasi FisTX Bakal Dongkrak Perekonomian Petani Ikan, Caranya? Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Perusahaan Venture Capital (VC) sekaligus Venture Builder (VB) besutan inovator teknologi Kiwi Aliwarga, UMG Idealab turut mendukung salah satu startupnya, PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) dengan menciptakan aplikasi untuk sektor perikanan, FisTx.

CEO PT MSMB, Bayu Dwi Apri Nugroho mengatakan aplikasi FisTx memiliki keunggulan untuk melakukan pencatatan dan efisiensi dalam budidaya, serta akses bagi mitra dan target end user.  

"Melalui platform ini petambak dapat mengetahui kondisi tambak mereka dan mendapatkan rekomendasi perlakuan yang tepat dalam budidaya ikan dan udang," katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (27/2/2020).

Baca Juga: Hadapi Era Digital, Denpasar Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya

Baca Juga: Satu-satunya, Balai Riset Perikanan Perairan Darat se-Asia Tenggara Hadir di Palembang

Bayu menjelaskan, sektor perikanan Indonesia memiliki potensi yang besar. Lebih dari 15% wilayah administrasi tingkat desa atau kelurahan berada di tepi laut. Hampir 22% penduduk desa menggantungkan sumber penghasilan utama mereka pada sub sektor perikanan. Kebutuhan sumber daya perikanan pun terus meningkat bahkan mencapai 54,5 kg per tahun. 

"Udang menjadi salah satu komoditas yang semakin banyak dibudidayakan. Namun, tingkat produktivitas petambak udang terus menurun setiap tahun,” jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini