Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sribu Tawarkan Solusi Crowdsourcing Terintegrasi Konsultasi Pemasaran Digital

Sribu Tawarkan Solusi Crowdsourcing Terintegrasi Konsultasi Pemasaran Digital Kredit Foto: Bernadinus Adi Pramudita
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Sribu Digital Kreatif (Sribu), perusahaan startup lokal yang bergerak di bidang penyediaan jasa solusi konten dan pemasaran digital berbasis crowdsourcing, membuktikan efektivitas konsep crowdsourcing sebagai jawaban untuk menghadapi tantangan sumber daya manusia (SDM) pemasaran digital yang kompleks di sektor korporasi. Sribu Solution yang diluncurkan pada 2018 lalu menjadi solusi pemasaran digital terintegrasi dedikasi tim Sribu yang akan membantu klien mulai dari menyusun strategi, implementasi hingga evaluasi untuk mengukur dampak bisnis secara efektif dan efisien.

 

Penggunaan internet di Indonesia yang terus meningkat mengharuskan para pebisnis untuk beradaptasi dengan berbagai peluang dan tantangan yang hadir dengan adanya perubahan ini. Laporan terbaru Hootsuite WeAreSocial yang dirilis Januari 2020 mengungkapkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 175.4juta, naik sebesar 25 juta atau setara dengan 17% dibanding tahun sebelumnya.

 

Rata-rata pengguna menghabiskan 7 jam 59 menit atau hampir sepertiga waktu dalam satu hari terhubung internet melalui berbagai gawai yang dimiliki. Data yang sama juga menunjukkan bahwa 93% pengguna internet melakukan pencarian online terkait produk atau layanan yang hendak dibeli dalam periode sebulan terakhir dan 90% melakukan pembelian secara online.

 

Baca Juga: Strategi Bisnis Sribu: Merging Website Hingga Aplikasi

 

Ada berbagai jenis upaya pemasaran digital yang dapat dilakukan oleh pebisnis untuk menjangkau calon konsumen dengan tepat, misalnya melalui website, media sosial, Google SEO, Whatsapp dan email marketing, iklan digital dan masih banyak lagi. Pemasaran melalui media digital memungkinkan para pebisnis berkreasi dengan konten pemasaran mereka, baik melalui teks, foto, video, maupun aplikasi mobile, semua dapat disesuaikan dengan minat dan selera calon konsumen yang hendak disasar. Hal ini kemudian memunculkan tantangan baru bagi pebisnis mengingat banyak sekali keahlian khusus dan spesifik yang diperlukan untuk melakukan upaya pemasaran digital secara efektif dan efisien.

 

Founder dan CEO Sribu, Ryan Gondokusumo menuturkan bahwa terkadang tidaklah efisien bagi suatu perusahaan untuk merekrut banyak tenaga kerja spesifik untuk menjalankan kegiatan pemasaran mereka secara in-house, karena hal itu tentunya akan memakan biaya yang sangat besar serta membutuhkan proses rekrutmen yang rumit dan lama. Dengan layanan Sribu Solution, proses rekrutmen dapat dipangkas dan lebih efisien secara biaya. Perusahaan/klien juga tidak perlu menghabiskan waktunya untuk menangani dan mengawasi para pekerja kreatif tersebut. 

 

“Tim Sribu akan menjadi perpanjangan tangan klien dengan memberikan konsultasi pemasaran digital untuk klien, merekrut para konten kreator Sribu yang disesuaikan dengan kebutuhan, mengawasi pekerjaan konten kreator, dan mengevaluasi efektivitas pemasaran digital terhadap bisnis klien. Dengan demikian, klien kami dapat memfokuskan diri untuk hal-hal yang terkait dengan inti bisnis mereka, misalnya pengembangan produk dan kualitas layanan,” ungkapnya, dalam acara diskusi media yang diadakan bersama dengan PT Intiland Development Tbk, dan Logiframe Consulting.

 

Sejak didirikan pada 2011 lalu, Sribu telah mempertemukan lebih dari 30.000 klien di dalam dan luar negeri dengan lebih dari 20.000 konten kreator Indonesia yang telah terkurasi mulai dari web developer, videografer, copywriter dan data entry, graphic designer, dan ahli SEO. Untuk Sribu Solution sendiri, saat ini Sribu telah menangani 50 perusahaan dimana salah satunya adalah PT Intiland Development Tbk. dan Logiframe.

 

Baca Juga: Startup Crowdsourcing Freelance Sribu Target Naikkan Jumlah Klien dan Talent

 

Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk, Theresia Rustandi, mengungkapkan bahwa sebagai perusahaan properti dengan puluhan proyek, Intiland memiliki lebih dari 50 aset digital yang perlu dikembangkan dan kelola, termasuk situs web, media sosial dan online marketplace. Mengelola jumlah aset yang tidak sedikit ini tentunya memerlukan keahlian dan sumber daya yang besar, baik dari jumlah tenaga kerja dengan keahlian spesifik, kebutuhan waktu, serta investasi yang tidak sedikit. 

 

“Sejak pertengahan 2019 kami mengambil langkah strategis untuk membuat roadmap pengembangan digital secara terpadu dengan dibantu Sribu lewat layanan Sribu Solutions. Sasaran utamanya adalah bagaimana mendayagunakan seluruh digital aset tersebut secara lebih strategis untuk mendatangkan potensial leads dan menopang peningkatan penjualan perusahaan. Tim Sribu juga membantu kami mengukur tingkat pengembalian dari setiap investasi digital dan mengukur tingkat efektivitas dari setiap kegiatan atau kampanye pemasaran digital. Sejak go live bulan September 2019 trafik pengunjung website meningkat signifikan dan kami mendapatkan potential leads yang jumlahnya terus bertambah,” katanya, dalam kesempatan yang sama.

 

Sementara itu, Founder dan CEO Logiframe, Wienanto Tanuwidjaja menuturkan bila pihaknya sejak tahun 2018 telah menggunakan jasa Sribu untuk mengelola seluruh upaya pemasaran digital Logiframe. Dan hasilnya sangat membantu kami dalam meningkatkan visibilitas brand di media digital. Sebagai perusahaan konsultan jasa keuangan dan teknologi, tentu kami perlu berfokus untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang kami tawarkan untuk pengguna jasanya.

 

“Oleh karena itu kami mempercayakan semua seluruh aset digital dan pemasaran digital kami kepada Sribu sehingga tidak perlu lagi merekrut tim in-house dan memfokuskan sumber daya manusia pada layanan utama kami yaitu konsultasi keuangan dan teknologi,” ucapnya. 

 

Sribu Solution melengkapi portfolio layanan Sribu yang berbasis platform. “Dengan Sribu Solution dan Sribu Platform, klien dapat memiliki keleluasaan untuk menentukan kebutuhan SDM pemasaran digitalnya sesuai dengan tujuan dan alokasi anggarannya. Untuk kebutuhan yang bersifat ad-hoc, klien dapat menggunakan Sribu Platform yang dapat diakses melalui website Sribu.com dan Sribulancer.com. Sementara untuk klien yang membutuhkan solusi yang lebih komprehensif dan terintegrasi, dapat menggunakan layanan Sribu Solution melalui registrasi di solution.sribu.com atau kontak ke tim solution kami di 0812 8465 7053.” Tutup Ryan.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: