Tenang! Kata Walkot Jaktim, Banjir di Bantaran Kali Sunter Bisa Teratasi dengan. . . .

Tenang! Kata Walkot Jaktim, Banjir di Bantaran Kali Sunter Bisa Teratasi dengan. . . . Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, optimistis pengerjaan sodetan saluran yang menghubungkan Waduk Pondok Ranggon dengan Kali Sunter dapat meminimalkan banjir di tiga lokasi, yakni Halim Perdanakusuma, Cipinang Melayu, dan Pulogadung.

"Sodetan ini sedang kita kerjakan. Dampaknya sejumlah permukiman di bantaran Kali Sunter seperti Halim Perdanakusuma, Cipinang Melayu, dan Pulogadung bisa diatasi banjirnya," katanya di Jakarta, Minggu (1/3/2020).

Baca Juga: Anak, Cucu, Besan Jokowi Ikut Kontestasi Politik: Jadi Beban Presiden, Banyak Mudaratnya!

Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI telah menyelesaikan pembuatan dua lokasi waduk di Kecamatan Pondok Ranggon dengan ukuran total 16,2 hektare. Waduk tersebut diprediksi sanggup menampung debit air hingga 210 ribu meter kubik (m3).

"Waduk ini diharapkan menjadi baskom air saat kita buat sodetan dari Kali Sunter. Saya lihat Waduk ini besar dan sanggup menampung," katanya.

Baca Juga: Anies Blak-Blakan Soal Suspect Virus Corona di Jakarta yang Capai Ratusan Orang, Katanya. . . .

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Santo, mengatakan bahwa sodetan saluran dari Kali Sunter menuju Waduk Pondok Ranggon akan dibuat sepanjang 15 meter dan lebar tiga meter.

"Saat ini sudah ada satu alat berat untuk membuat dua sodetan di Waduk Pondok Ranggon ini sehingga aliran Kali Sunter dapat ditampung di dalam waduk tersebut," katanya.

Melalui proyek itu Santo berharap luapan air di hilir Kali Sunter bisa diminimalkan dengan adanya pengurangan debit setelah sodetan menuju Waduk Pondok Ranggon selesai dikerjakan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini