Di Jakarta Forum Energi, Menteri Arifin Bicarakan Penggunaan Energi Terbarukan

Di Jakarta Forum Energi, Menteri Arifin Bicarakan Penggunaan Energi Terbarukan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif hari ini (2/3/2020) resmi membuka Jakarta Energy Forum 2020, yakni bentuk re-inisiasi pengembangan kolaborasi berkelanjutan antara pemerintah, korporasi, institusi keuangan, komunitas, dan institusi pendidikan.

Forum yang memiliki tema The Future of Energy ini menghadirkan para pejabat, yakni Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, serta beberapa direktur perusahaan yang bergerak di sektor energi.

Dalam acara tersebut, Menteri Arifin mengatakan, saat ini pemerintah sudah memiliki beberapa strategi demi ketahanan energi di masa depan. Salah satunya terkait beralihnya penggunaan energi fosil menjadi energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Hingga 2024, Investasi EBT Bakal Sentuh US$20 Miliar

Diketahui, pemerintah telah mencanangkan pada 2025 target bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% sebagaimana Rencana Umum Energi Nasional.

"Selama ini kita memang masih bertumpu pada sumber-sumber konvensional, yaitu fosil. Makin ke depan, sumber-sumber ini akan menipis dan kita dituntut untuk memanfaatkan sumber-sumber energi yang ada," jelas Menteri Arifin Tasrif dalam acara yang berlangsung di The Tribrata Darmawangsa Jakarta.

Arifin kembali melanjutkan, potensi dari sumber energi terbarukan di Indonesia sangat besar untuk dijadikan energi listrik. Maka dari itu, Kementerian ESDM mencoba mempermulus cita-cita tersebut melalui regulasi baru serta berupaya menghadirkan investor untuk pembangunan proyek pembangkit.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini