Jadi Petani Sukses, Lulusan Teknik Elektro Ini Bagikan Kisahnya

Jadi Petani Sukses, Lulusan Teknik Elektro Ini Bagikan Kisahnya Kredit Foto: Antara/Anis Efizudin

Menjadi petani adalah pilihan yang cemerlang bagi anak muda bernama Riza Azyumarridha Azra (26). Baginya, pertanian adalah profesi utama dalam karier dan kehidupan. Ya, Riza adalah pria asal Banjarnegara yang sukses menjalankan bisnis singkong menjadi tepung mocaf.

"Alhamdulillah bisnis saya semakin maju. Saya berterima kasih kepada para petani singkong yang ada di seluruh Indonesia," ujar pria lulusan teknik elektro ini saat menjadi pembicara TanionStage yang digelar di Museum Tanah, Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020).

Dalam menjalankan bisnisnya, kata Riza, dia membagi proses mocaf menjadi tiga klaster. Pertama, dia mendorong petani lokal yang berusia tua untuk memproduksi singkong. Kedua, mendorong kaum ibu untuk memproses olahan singkong.

Baca Juga: Dulu Anak Petani, Karsanbhai Patel Kini Jadi Miliarder Berkat Jualan Sabun

"Dan ketiga saya mendorong anak muda untuk melakukan packaging sehingga memiliki daya tarik yang cukup tinggi, khususnya pada kemasan ekspor. Ketiga klaster ini saya terapkan untuk menyamaratakan keuntungan antara petani, kaum ibu, dan anak muda," katanya.

Menurut Riza, saat ini singkong mocaf memiliki peluang yang cukup besar pada pertumbuhan ekspor nasional. Kata dia, olahan mocaf nyaris sama dengan tepung terigu yang biasa digunakan untuk pembuatan mie instan dengan hasil yang jauh lebih bagus.

"Dan ternyata tepung mocaf ini menjadi pilihan utama bagi warga Amerika yang menerapkan gaya hidup sehat. Mereka memilih mocaf daripada tepung biasa karena terdapat kandungan alami yang sangat sehat," katanya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini