Viral Hewan-hewan Tergelatak Mati Massal, Dugaan Sementara karena ini...

Viral Hewan-hewan Tergelatak Mati Massal, Dugaan Sementara karena ini... Kredit Foto: GettyImage

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memastikan sejumlah hewan yang mati mendadak di Perumahan Bumi Cahaya Residence, RT 3/6 Desa Sindang Mulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi pada Selasa (3/3) bukan disebabkan flu burung ataupun penyakit menular lain, namun diduga kuat akibat keracunan makanan.

"Uji cepat Rapid Test terhadap bangkai unggas (ayam) yang dilakukan hasilnya negatif terhadap unggas seperti ayam. Bukan flu burung," kata Kasie Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dwian Wahyudiharto di Cikarang, Rabu.

Baca Juga: Ini Perbedaan Virus Corona dan Influenza Biasa

Sementara hasil tes untuk kucing dan kambing yang mati tidak dijumpai tanda-tanda penyakit hewan menular. Berdasarkan hasil pemeriksaan diduga kematian hewan tersebut karena keracunan.

"Kami masih melakukan pendalaman dan terus menguji sample dari hewan itu," katanya.

Menurut dia hewan yang mati mendadak itu diantaranya ternak kambing dua ekor, ayam dua ekor, dan kucing seekor. Sebelum mati mendadak hewan-hewan ternak itu sempat mengalami kejang-kejang.

"Sebelum mati kejang-kejang selama 10 menit. Itu yang membuat warga di sana panik," ungkapnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini