Sasar Milenial Indonesia Timur, Kredivo Galang FinEast 2020

Sasar Milenial Indonesia Timur, Kredivo Galang FinEast 2020 Kredit Foto: Kredivo

Platform multifinance Kredivo menargetkan untuk menyasar pasar milenial di wilayah Indonesia bagian Timur untuk penyaluran kredit. Langkah tersebut dilakukan dengan mengikuti acara gelaran Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni FinEast 2020.

"Hal ini menjadi penting karena salah satu faktor pendukung untuk menjadikan sebuah negara sehat secara ekonomi adalah masyarakatnya yang juga harus sehat secara finansial," ujar Alie Tan, CEO Kredivo Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3/2020).

Kredivo sendiri menyasar milenial di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Strategi Bisnis Kredivo: Pinjaman Produktif, Dana Kesehatan hingga Syariah

Dipilihnya Kupang dalam penyelenggaraan FinEast 2020 ini karena tingkat penyaluran pinjaman fintech lending di Kupang masih kecil, yakni hanya Rp105,67 miliar atau 0,13% dari total penyaluran nasional Rp81,50 triliun.

Padahal kondisi ekonomi NTT di 2019 mengalami pertumbuhan sebesar 5,20%. Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di 5,02% sepanjang 2019. 

Sehingga, penetrasi fintech yang maksimal serta peningkatan literasi keuangan masyarakat, khususnya milenial di wilayah ini, dapat menjadi salah satu roda penggerak bagi pertumbuhan ekonomi NTT yang terus meningkat dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Baca Juga: Terpukul Corona, Perusahaan Perangkat Keras Komputer Ini Pangkas Arus Kas

Berdasarkan data OJK, pertumbuhan fintech dan pinjaman yang berhasil disalurkan oleh fintech, masih terpusat di Pulau Jawa, dengan total pinjaman terbesar disalurkan di DKI Jakarta mencapai Rp25,09 triliun, kemudian disusul Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan Jawa Tengah.

Selain itu, jumlah entitas yang terus bertumbuh pesat juga hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa. Sebanyak 154 entitas dari total 164 fintech yang tercatat di OJK, berdomisili di Pulau Jawa.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini