Sebelum 'Diambil' Elon Musk, Begini Sejarah Para Pendiri PayPal 21 Tahun Lalu

Sebelum 'Diambil' Elon Musk, Begini Sejarah Para Pendiri PayPal 21 Tahun Lalu Kredit Foto: Reuters

PayPal adalah sebuah perusahaan jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik. PayPal pun menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Sementara mantan karyawan PayPal yang dikenal sebagai "PayPal Mafia" kemudian mendirikan perusahaan teknologi besar lainnya. 

PayPal sendiri dimulai dari Peter Thiel. Peter Thiel bertemu Max Levchin ketika sedang memberikan kuliah di Stanford dan keduanya mulai bekerja sama dalam dompet digital.

Baca Juga: Dulu Karyawan Biasa, Pendiri dan CEO Pertama Netflix Rela Berikan Jabatannya untuk Reed Hestings!

“Ketika kami memulai PayPal, saya ingat salah satu percakapan awal saya dengan Max Levchin adalah bahwa saya ingin membangun sebuah perusahaan di mana semua orang akan menjadi teman yang sangat baik dan tidak peduli apa yang terjadi dengan perusahaan, persahabatan akan bertahan,” ungkap Thiel kepada TechRepublic. 

Dulu perekrutan dilakukan melalui jaringan pertemanan alih-alih melalui perekrut profesional. Luke Nosek pun muncul setelah menghadiri UIUC dengan Levchin, di mana keduanya telah bekerja sama dalam mendirikan sebuah perusahaan media. Lalu, Ken Howery direkrut oleh Thiel setelah lulus dari Stanford.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini