Umrah Dihentikan Sementara, Wapres Ma'ruf Amin Blak-Blakan Soal Haji

Umrah Dihentikan Sementara, Wapres Ma'ruf Amin Blak-Blakan Soal Haji Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pemerintah Arab Saudi memutuskan menghentikan sementara kunjungan umrah dari semua negara. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Terkait hal itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa untuk ibadah haji pada tahun ini tidak ada perubahan.

"Untuk haji sejauh ini belum ada perubahan. Masih sesuai jadwal," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerja di Pekanbaru, Riau, Jumat (6/3/2020).

Baca Juga: Said Aqil Tak Masalah Jika Saudi Setop Haji: Uzur Syar'i

Namun demikian, kata dia, pemerintah akan terus memantau perkembangan terkait virus corona di sana. Jika nantinya membahayakan jamaah calon haji, maka akan dikaji ulang kebijakannya.

"Tapi kita akan melihat pada saatnya. Kalau memang bahaya, tidak aman, tentu keputusannya akan lain," ucap KH Ma'ruf Amin.

Terkait Pemerintah Arab Saudi yang melakukan moratorium umrah, Wapres Ma'ruf Amin memahaminya. Dia menyebut saat ini virus corona telah menyebar ke berbagai negara.

"Mereka (Arab Saudi) punya pertimbangan untuk menyelamatkannya, karena mulai ada yang terjangkit. Saya dengar juga tidak hanya umrah dari luar negeri, umrah lokal mereka (jemaah Arab Saudi) juga," ucapnya.

Ia menyakini penghentian sementara umrah demi kepentingan yang lebih besar. "Artinya mereka sangat masif untuk mencegah penyebaran. Corona itu makin lama makin berkembang," imbuhnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini