Implementasi Total Laboratory Automation Prodia Raih Penghargaan

Implementasi Total Laboratory Automation Prodia Raih Penghargaan Kredit Foto: Prodia

PT Prodia Widyahusada Tbk menerima penghargaan Indonesia Digital Innovation Award 2020 sebagai Innovative Company For Total Lab Automation Implementation dalam kategori Healthcare & Pharmacy. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Fadel Muhammad selaku Founder Warta Ekonomi dan diterima oleh Lies Gantini selaku AVP Clinics & Referral Lab Services (RLS) PT Prodia Widyahusada Tbk di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jakarta.

Indonesia Digital Innovation Award 2020: Embracing Culture through Collaboration diselenggarakan oleh Warta Ekonomi sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mampu menghasilkan inovasi terbaik dalam hal produk dan layanan berbasis digital. Metode yang digunakan dalam menentukan pemenang adalah desk research yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data melalui publikasi perusahaan ataupun berita-berita terbaru berisikan informasi terkait yang dibutuhkan.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Milenial, Prodia Gelar Lets Check Up di 9 Kota Besar Indonesia

Inovasi yang dilakukan Prodia dalam hal ini adalah penggunaan sistem Total Laboratory Automation (TLA). Secara garis besar, Total Laboratory Automation terdiri dari sistem track atau ban berjalan (conveyer belt) yang bergerak secara kontinu sejak sampel diterima hingga masuk ke alat/instrumen secara terintegrasi. Sistem ini salah satunya bertujuan untuk mempercepat waktu selesai hasil pemeriksaan atau Turn Around Time (TAT), menurunkan kesalahan dari proses manual, dan meningkatkan efisiensi proses melalui penggunaan sistem automasi dan sistem perangkat antara (middleware) yang mutakhir.

Sejak mengimplementasikan Total Laboratory Automation (TLA), Prodia telah mengalami peningkatan kinerja yang terukur, seperti penghapusan sembilan tahap manual yang secara langsung memberikan dampak signifikan terhadap kualitas proses pengerjaan. Peningkatan sebesar 108% pada jumlah tes yang dianalisis, peningkatan sebesar 43% pada jenis tes yang dianalisis, dan pengurangan 9% Turn Around Time (TAT) pada tahun 2019 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018.

Terkait inovasi layanan, saat ini Prodia telah memiliki layanan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini