DANA: QRIS Permudah Akses Transaksi Mitra

DANA: QRIS Permudah Akses Transaksi Mitra Kredit Foto: Bernadinus Adi Pramudita

DANA menjadi salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) pertama di Indonesia yang telah 100% menuntaskan penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Pencapaian ini menjadi perwujudan keseriusan DANA dalam mendukung laju peningkatan inklusi dan kompetensi ekonomi digital Indonesia.

"Penerapan QRIS merupakan kebijakan dan langkah strategis Bank Indonesia yang sudah seharusnya mendapatkan dukungan penuh oleh semua bagian ekosistem perekonomian nasional. Karena melalui penerapan dan pemasyarakatan QRIS, pemberdayaan ekonomi berbasis teknologi digital akan mampu menyentuh lapisan dan segmen masyarakat yang makin luas," ujar CEO DANA, Vincent Iswara, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga: BI: Jumlah Merchant Pengguna QRIS Sentuh 2,7 Juta

DANA mencatat, sejak penerapan pertama QRIS, sebanyak 28% transaksi di merchant-merchant DANA berasal dari pengguna layanan PJSP (penyedia jasa sistem pembayaran) lain dan angka interoperable ratio DANA adalah 10%. Selain itu, menurut Vincent, QRIS menjadi menjadi pelancar akses transaksi nontunai bagi mitra DANA.

"QRIS berperan signifikan dalam mengakselerasi kelancaran bertransaksi nontunai digital di lebih dari 100.000 mitra bisnis DANA yang berasal dari berbagai skala usaha, UMKM, hingga perusahaan besar," katanya.

Direktur kantor perwakilan Bank Indonesia, Provinsi DKI Jakarta, Luctor E. Tapiheru, mengatakan bahwa saat ini jumlah merchant pengguna QRIS sendiri sudah mencapai 2,7 juta. Di Jakarta sendiri ada sekitar 618.337 merchant yang sudah menggunakan QRIS.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini