Astaga! Semudah Membalik Telapak Tangan, Global Jebloskan Rupiah ke Level Terbawah Dunia!

Astaga! Semudah Membalik Telapak Tangan, Global Jebloskan Rupiah ke Level Terbawah Dunia! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Keperkasaan nilai tukar rupiah hanya bertahan dalam waktu singkat. Bagaimana tidak, dalam sekedipan mata, global mampu menjebloskan rupiah hingga merangsek ke level terbawah di Asia dan dunia. Hingga pukul 11.13 WIB, rupiah berbalik terkoreksi -0,10% ke level Rp14.360 per dolar AS.

Padahal, beberapa saat lalu rupiah berada di atas angin dengan melumpuhkan dolar AS hingga ke level Rp14.288. Kabar buruknya lagi, rupiah pun ikut nelangsa di hadapan dolar Australia (-0,29%), euro (-0,48%), dan poundsterling (-0,20%). 

Baca Juga: Dolar AS Babak Belur, Rupiah Nikmati Nasib Mujur!

Baca Juga: Xi Jinping Blusukan ke Wuhan, Orang Ini Lantang: Benar-Benar Pahlawan, Bagai Suar dalam Kegelapan!

Performa rupiah di Asia pun tak kalah terpuruknya. Jika beberapa saat lalu rupiah menyandang gelar mata uang terbaik kedua di Asia, kini gelar itu berganti menjadi yang terlemah ketiga di Asia setelah won (0,58%) dan baht (0,22%). 

Entah apa yang membuat rupiah tiba-tiba lemas hingga terjebak dalam tekanan global. Yang pasti, hingga kini rupiah harus berjuang melawan yen (-0,93%), yuan (-0,24%), dolar Singapura (-0,19%), dolar Taiwan (-0,08%), dolar Hong Kong (-0,05%), dan ringgit (-0,03%).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini