Rumor PAN Reformasi, Pengamat: Warning Keras buat Zulhas

Rumor PAN Reformasi, Pengamat: Warning Keras buat Zulhas Kredit Foto: Foto/Okezone

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai wacana pembentukan PAN Reformasi yang digawangi kubu Mulfachri Harahap akan semakin memperburuk citra partai ini. Mengingat ini akan menjadi rival atau saingan bagi Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai ketua umum terpilih.

"Memang tantangan terbesar yang dihadapi Zulhas dari internal partai. Besar kemungkinan akan ada dualisme," ujar Jerry saat dihubungi, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga: Loyalis Zulhas Sumpel Mulut Kader-kader PAN: Gak Jadi Pengurus, Jangan Provokator!

Menurut Jerry, meski belum ada sikap dari pendiri PAN Amien Rais soal wacana pembentukan PAN Reformasi ini, loyalis Amien diprediksi akan menjadi oposisi Zulhas. Kasus ini pernah menimpa PPP saat dipimpin M Romahurmuziy yang berseberangan dengan pendukung Djan Faridz.

"Ini warning bagi kepemimpinan Zulhas. Memang komunikasi politik ini tak jalan atau hanya jalan di tempat. Bisa saja akan memperburuk persiapan PAN jelang pilkada serentak," ujar Jerry.

Baca Juga: Amien Ditendang, Kader Ramai-ramai Usul Dirikan PAN . . .

Jerry menganggap, PAN Reformasi bisa terwujud atau bisa saja mereka para pendukungnya memilih berafiliasi dengan partai lain yang sudah terbentuk. "Seperti terjadi di PKS muncul Partai Gelora yang dipelopori Anis Matta dan juga Fahri Hamzah."

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini