Cegah Penyebaran Corona, RS Siloam Batasi Kunjungan Pasien

Cegah Penyebaran Corona, RS Siloam Batasi Kunjungan Pasien Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter

Dunia internasional saat ini diguncang wabah virus Corona (Covid-19) yang telah menular ke lebih dari 100 ribu orang di berbagai negara. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan koordinasi dengan sejumlah rumah sakit di Indonesia guna meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran virus tersebut.

Sejalan dengan hal itu, Siloam Hospitals Group telah menerapkan sejumlah langkah sesuai best practice demi keamanan pasien rumah sakit, pengunjung, tenaga medis, dan komunitas sekitar. Rumah sakit milik Lippo Group itu telah menerapkan beberapa best practice demi keamanan pasien, pengunjung, tenaga medis, dan komunitas sekitar.

Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/3/2020), menjelaskan, upaya pengendalian penyebaran Covid-19 harus dilakukan oleh seluruh masyarakat dan dimulai oleh setiap individu.

Baca Juga: Corona, Oh Corona Bikin Wisata Bali di Ambang Kebangkrutan

Siloam Hospitals Grup saat ini sudah menerbitkan beberapa panduan yang telah diterapkan di setiap rumah sakit Siloam Hospitals Group, dan juga membagikan langkah-langkah yang perlu menjadi perhatian dan prioritas.

Adapun pencegahan di lingkungan rumah sakit, dilakukan dengan pembatasan akses masuk. Akses masuk rumah sakit hanya melalui pintu masuk yang ditentukan dan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Limitasi jumlah pengunjung yakni setiap pasien hanya boleh didampingi satu orang.

"Kemudian imbauan untuk membatasi kunjungan ke pasien, termasuk kunjungan rohani, skrining kondisi pasien sebelum pasien memasuki rumah sakit, pengukuran suhu tubuh, pengisian formulir pernyataan kesehatan oleh pasien," ujar Caroline.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini