BI Kenalkan Qris pada ASN dan Pengurus Rumah Ibadah di Medan

BI Kenalkan Qris pada ASN dan Pengurus Rumah Ibadah di Medan Kredit Foto: Khairunnisak Lubis

QRIS adalah alat pembayaran satu-satunya yang tidak perlu lagi menggunakan banyak bercode dalam pembayaran dompet elektronik. Dengan banyaknya manfaat ini, Bank Indonesia (BI) kenalkan QRIS pada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pengurus Rumah Ibadah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat menjelaskan, salah satu keunggulan dari QRIS adalah bank maupun non bank telah saling terhubung tanpa ribet seperti transaksi sebelumnya.

"Cukup dengan QRIS bisa bertransaksi dengan semua aplikasi yang dimiliki di masa sekarang, sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi dalam bertransaksi," katanya di Kantor Bappeda Gedung Binagraha Lantai 2 Medan, Jumat (13/3/2020).

Baca Juga: Pengguna QRIS Jabar Ranking 2 Nasional, BI Genjot Pengguna Milenial

Baca Juga: Pro Kontra Tarif MDR QRIS, Untung atau Buntung?

Selain memudahkan dalam bertransaksi, keuntungan penggunaan QRIS ini adalah pendataan jumlah pelaku usaha kecil dan pelaku usaha menengah, tidak memikirkan uang kembalian dan terhindar dari uang palsu. 

"Hari ini kita sosialisasikan selain bisa untuk pembayaran juga dapat digunakan untuk menerima sumbangan keagamaan dan sosial. Contohnya bila di masjid mau infaq langsung scan aja dengan barcode QRIS atau mau beri sumbangan pada ke panti asuhan tinggal scan maka bantuan anda masuk ke rekening pihak masjid atau panti asuhan tadi. Atau mau menyumbang ke gereja-gereja dan tempat ibadah lainnya," ujarnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini