Pak, Bapak Jokowi, Contoh Anies Hadapi Virus Corona Dong, Seru FPI

Pak, Bapak Jokowi, Contoh Anies Hadapi Virus Corona Dong, Seru FPI Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Organisasi masyarakat (Ormas) Front Pembela Islam atau FPI mengeluarkan maklumat terkait virus corona atau Covid-19 yang kini menjadi pandemi. Bahkan, FPI meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Diketahui, maklumat tersebut dikerluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat – Front Pembela Islam pada 15 Maret yang ditandatangani oleh Ketum FPI Ahmad Shobri Lubis dan Sekretaris Umum FPI Munarman, serta diketahui langsung oleh Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

Dalam maklumat tersebut, FPI meminta pemerintah untuk mencontoh tindakan pencegahan corona yang dilakukan ANies Baswedan untuk dijadikan acuan penanganan skala nasional.

"Mengapresiasi langkah langkah antisipasi dan pengelolaan upaya upaya pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta. Dan menjadikan model penanganan yang dilakukan Pemerintah DKI Jakarta sebagai rule model dalam penanganan pandemi virus corona di seluruh Indonesia," tulis Maklumat tersebut, yang diterima Senin (16/3/2020).

Baca Juga: Hadapi Corona, FPI Serukan Muslim Baca.... Diketahui Habib Rizieq Juga

Baca Juga: Rempah Tangkal Corona, Nasi Kapau Jadi Favorit

Menurut FPI, pemerintah terlalu gagap dalam menangani penyebaran virus ini. "Menyesalkan kelambanan dan gagapnya Pemerintah pusat dalam menangani penyebaran virus corona. Tindakan Pemerintah Pusat yang awalnya terkesan meremehkan bahkan memperolok, serta menyembunyikan informasi, melakukan operasi senyap intelijen dalam penanganan pendemi virus corona telah mempertontonkan inkompetensi jajaran pejabat tinggi negara dalam melindungi keselamatan rakyat Indonesia," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia meminta seluruh anggota FPI diminta untuk aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan penyebaran virus kepada masyarakat dengan sering mencuci tangan, dan terus berdoa dengan tidak meninggalkan salat lima waktu dan upayakan selalu memiliki wudhu, tunaikan zakat dan banyak bersedekah.

"Tapi dianjurkan tetap memakmurkan masjid dengan shalat lima waktunya sambil terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan masjid," tutupnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini