Benarkah Mantan Menkes Bikin Broadcast Jangan Sentuh Langsung Uang Kembalian, Segitunya Bu?

Benarkah Mantan Menkes Bikin Broadcast Jangan Sentuh Langsung Uang Kembalian, Segitunya Bu? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Di tengah kepanikan warga akibat makin mengganasnya virus corona, beredar broadcast Whatsapp mengatasnamakan Nila Moeloek yang menganjurkan agar tidak memegang uang kembalian untuk mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Korsel Laporkan Penurunan Angka Pasien Virus Corona

Disebutkan, mantan Menkes itu menyarankan agar masyarakat tak memegang uang secara langsung, tapi menggunakan plastik bening.

Berikut narasinya:

"Ini ada usulan dari ibu Nila Muluk..Assalamualaikum, Saya menganjurkan kepada kita semua untuk membawa plastik bening ukuran 1 kg kalau keluar. Pastikan semua uang kembalian jangan dipegang, tapi masukan ke kantong plastik itu dan tutup rapat. Setelah ada kesempatan jemur plastik tersebut beserta uang tadi di matahari,.paling tidak 30 menit, in Syaa Allah sudah cukup aman. Mari kita mulai putuskan mata rantai penularan dari diri kita sendiri. In Syaa Allah bermanfaat".

Nila pun menyanggah kalau pesan berantai itu keluar dari dirinya.

"Hoax..maaf." tulis Nila dikutip dari Antara.

Masyarakat diimbau untuk tidak sembarangan memegang benda yang ada di jalan untuk mengurangi paparan. Karena, tidak menutup kemungkinan droplet atau percikan yang mengandung kuman penyakit menempel di benda-benda yang sering dipegang banyak orang.

Masyarakat juga diminta untuk sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer agar tangan tetap bersih dan steril. Menggunakan hand sanitizer dengan 96 persen alkohol bisa mematikan virus yang menempel di tangan dalam satu menit.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini