Arab Saudi Terapkan Aturan Salat Berjamaah Hanya di 2 Masjid dengan Syarat Ini

Arab Saudi Terapkan Aturan Salat Berjamaah Hanya di 2 Masjid dengan Syarat Ini Kredit Foto: Saudi Press Agency

Umat Muslim yang tidak dapat memasuki masjid-masjid suci Makkah dan Madinah tidak lagi diizinkan untuk berdoa di daerah-daerah penuh sesak di luar tembok masjid-masjid tersebut.

Langkah yang diambil untuk menahan penyebaran virus corona (COVID-19) itu diumumkan Pemerintah Arab Saudi beberapa saat sebelum pelaksanaan salat Jumat di kedua kota tersebut.

Baca Juga: Begini Pesan Raja Salman ketika Wabah Virus Corona Masuk ke Fase Sulit

Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah adalah dua masjid terakhir yang masih terbuka untuk salat di Arab Saudi, menyusul langkah yang diambil kerajaan untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Salah berjamaah dan salat Jumat di masjid-masjid lainnya di Arab Saudi telah dihentikan untuk sementara, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu, demikian dilaporkan Russia Today, Jumat (20/3/2020).

Makkah dan Madinah adalah dua kota paling suci bagi umat Islam. Makkah sendiri menarik sekira lima juta umat Islam setiap tahunnya selama musim haji dan umrah. Namun, karena pandemi COVID-19 pelaksanaan umrah telah ditangguhkan sementara.

Sejauh ini Arab Saudi telah mencatat 274 kasus Covid-19, meskipun belum ada laporan korban meninggal dunia. Pemerintah Arab Saudi telah menutup bisnis dan menghentikan semua penerbangan internasional. Semua pekerjaan sektor swasta di Arab Saudi telah ditangguhkan selama 15 hari mulai Kamis (19/3/2020).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini