Ungkap Sebab dr Djoko Judodjoko Meninggal, Rekan Dokter: Minimnya APD Sulit Dimaafkan

Ungkap Sebab dr Djoko Judodjoko Meninggal, Rekan Dokter: Minimnya APD Sulit Dimaafkan Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor, dokter Zainal Arifin mengatakan meninggalnya dokter senior bedah Indonesia, dr Djoko Judodjoko Sp.B akibat terinfeksi positif Corona

"Benar dokter Djoko spesialis bedah meninggal. Ya memang beliau positif Covid-19. Beliau pengurus IDI, jadi saya kenal persis beliau. Beliau dirawat di BMC beberapa hari akhirnya dirujuk di RSPAD jam 8 dan meninggal pukul 11 di ICU," kata Ketua IDI Kota Bogor dokter Zainal Arifin, Minggu (22/3/2020).

Zainal mengatakan, IDI sampai saat ini sudah berkoordinasi ke informasi satu pintu Corona Kota Bogor. Namun, mengingat meninggalnya dokter Djoko sudah menjadi konsumsi publik, IDI perlu memberikan keterangan.

Baca Juga: Tim Pakar Siapkan 2 Jurus Taklukkan Corona, Masyarakat Patuhi Ya!

"Ini sebenarnya nunggu keterangan resmi dari Pemerintah Kota Bogor, tetapi ini sudah jadi konsumsi publik. Karena ini sudah menjadi informasi publik agar tidak simpang siur juga, beliau memang positif (Covid-19)," kata Zainal.

Atas meninggalnya dokter Djoko, Zainal mengimbau masyarakat, khususnya para tenaga medis, untuk meningkatkan waspada dan kehati-hatian, terutama kepada pasien dan sebagainya. Dan segera mengecek kesehatan sesuai protap jika mengalami keluhan batuk, pilek, hingga demam panas. 

"Kontak dengan pasien dan pernah keluar negeri dan sebagainya. Berobat ke rumah sakit jujur gitu loh agar tidak mempersulit tenaga medis, walaupun sebenarnya teman-teman dokter juga sudah mulai bersikap dengan kewaspadaan umum, mau ada atau tidak,  alat pencegahan, alat pelindung diri itu sudah mulai dilakukan sesuai dengan protap. Ini merupakan kewaspadaan kita bersama," katanya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini