Miris! Raja Thailand Lebih Pilih Tinggal di Jerman saat Warganya Berjuang Lawan Corona

Miris! Raja Thailand Lebih Pilih Tinggal di Jerman saat Warganya Berjuang Lawan Corona Kredit Foto: Reuters.

Warganet Thailand marah karena raja mereka memilih tinggal di Jerman saat penyebaran virus corona terus meningkat di negara itu

Tagar berbahasa Thai yang bila diterjemahkan menjadi #whydoweneedaking? (mengapa kita butuh raja) menjadi trending topic di Twitter di Thailand. Pemicunya setelah seorang aktivis Thailand di luar negeri memposting Raja Maha Vajiralongkorn berada di Jerman selama krisis Covid-19.

Baca Juga: Salut! Orang Terkaya di Thailand Gelontorkan Rp45 Miliar untuk Buka Pabrik Masker

Raja Vajiralongkorn (67) yang naik takhta pada tahun lalu, memiliki rumah kedua di Jerman. Dia menghabiskan banyak waktunya di luar Thailand.

Jumlah kasus infeksi virus corona di Thailand meningkat 14 kali lipat selama bulan Maret menjadi 599 kasus, jumlah tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Malaysia, menurut data resmi yang diumumkan oleh otoritas kesehatan nasional. Satu orang telah meninggal.

Tagar yang mempertanyakan monarki digunakan lebih dari 1,2 juta kali dalam 24 jam pada hari Minggu, menurut data di Twitter berdasarkan tren tagar untuk pengguna di Thailand.

Hal ini sangat langka, karena mengkritik monarki Thailand adalah kejahatan dan dapat dihukum penjara 15 tahun.

Istana Kerajaan Thailand tidak menanggapi permintaan komentar pada posting.

Namun Menteri Ekonomi Digital dan Masyarakat Thailand Puttipong Punnakanta memposting peringatan kepada warga agar tidak melanggar undang-undang. Unggahan disertai dengan gambar tangan diborgol di atas keyboard.

"Saya lebih suka tidak berkomentar," katanya mengutip Reuters, Senin (23/3/2020).

“Kami memantau sebanyak yang kami bisa. Kami menghormati ekspresi diri, tetapi jika itu menyebabkan keresahan, kami akan menjalankan hukum," lanjutnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini