Portal Berita Ekonomi Sabtu, 28 Maret 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:35 WIB. Straits Times - 2.233 (23/3), 2.362 (24/3), 2.505 (25/3), 2.487 (26/3), 2.528 (27/3).
  • 09:33 WIB. IHSG - 3.989 (23/3), 3.937 (24/3), 4.338 (26/3), 4.545 (27/3).
  • 09:31 WIB. KOSPI - 1.482 (23/3), 1.609 (24/3), 1.704 (25/3), 1.686 (26/3), 1.717 (27/3).
  • 09:29 WIB. Hang Seng - 21.696 (23/3), 22.663 (24/3), 23.527 (25/3), 23.352 (26/3), 23.484 (27/3).
  • 09:27 WIB. Shanghai Composite - 2.660 (23/3), 2.722 (24/3), 2.781 (25/3), 2.764 (26/3), 2.772 (27/3).
  • 09:23 WIB. Nikkei 225 - 16.887 (23/3), 18.092 (24/3), 19.546 (25/3), 18.664 (26/3), 19.389 (27/3).
  • 09:21 WIB. FTSE 100 - 4.993 (23/3), 5.446 (24/3), 5.688 (25/3), 5.815 (26/3), 5.510 (27/3).
  • 09:19 WIB. S&P 500 - 2.237 (23/3), 2.447 (24/3), 2.475 (25/3), 2.630 (26/3), 2.541 (27/3).
  • 09:18 WIB. Dow Jones - 18.591 (23/3), 20.704 (24/3), 21.200 (25/3), 22.552 (26/3), 21.636 (27/3).
  • 09:16 WIB. Nasdaq - 7.006 (23/3), 7.553 (24/3), 7.469 (25/3), 7.897 (26/3), 7.588 (27/3).

Makin Populer di Dunia Digital, Ekspor Sariayu Tumbuh 120%

Makin Populer di Dunia Digital, Ekspor Sariayu Tumbuh 120% - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Sariayu Martha Tilaar, salah satu merek kosmetik terkemuka di Indonesia menjunjukkan tren positif sepanjang tahun 2019. Di kategori skincare dan makeup base, merek lokal ini mampu tumbuh 5% sampai 8%. Meski belum terlalu maksimal, Sariayu berhasil memperbaiki laba bersihnya menjadi 12,4%.

Tidak hanya itu, di tahun 2019 ekspor produk milik PT Martina Berto Tbk tumbuh 120%. Semua produk Sariayu bahkan sudah merambah pasar internasional seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hongkong, China, Mauritius, dan beberapa negara di Afrika Timur.

Baca Juga: Corona Kepung RI, Produk Samping Jagung asal Cilegon Terus Diekspor

Kunto Widarto, Managing Director PT Martina Berto Tbk, dalam keterangan tertulis, Senin (23/3/2020) mengungkapkan, pencapaian tersebut tak lepas dari berbagai strategi yang diterapkan perusahaan sehingga mampu ekspansi meski berada di tengah kondisi ekonomi dan persaingan yang cukup ketat saat ini. Dia mengungkapkan, tahun 2019 Sariayu fokus melakukan kampanye melalui saluran digital untuk produk skincare dan makeup base.

"Ke depannya, digital marketing akan terus kami perkuat dengan komunikasi yang informatif dan interaktif ke target market yang tepat," jelas Kunto.

Dalam berstrategi digital sendiri, lanjut Kunto, pihaknya telah memperkuat aset digital baik dari segi website, sosial media, youtube dan memanfaatkan kekuatan masing-masing platform atau dengan kata lain omni digital channel. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari strategi bisnis yang dilakukan Sariayu untuk dapat bersaing di ranah digital.

"Kami juga akan terus memperkuat kerja sama dengan influencer, KOL, dan komunitas untuk memperkuat review produk kami," tambahnya.

Kunto menambahkan, tahun ini Sariayu menargetkan pertumbuhan yang konservatif yakni 8%, tetapi fokus ke perbaikan laba bersih. Selain dari ranah digital, strategi lain yang dilakukan untuk bisa mencapai target tersebut adalah dengan memperkuat ekuitas merek, fokus produk di kategori yang masih bertumbuh, konsisten menggarap konsumen baru, serta mengeluarkan produk baru yang menarik dan inovatif.

Terkait produk barunya, tahun ini Sariayu meluncurkan Sariayu Color Trend Inspirasi Sumba. Menurut Kunto, ini adalah rangkaian produk make-up dengan keunggulan multibenefit, multifungsi, dengan warna-warna yang tahan lama, ringan, glowing, dan dapat menjaga kelembaban kulit karena dibuat dengan menggunakan teknologi Staymoist Avocado Lock.

Sariayu Color Tren Inspirasi Sumba terdiri dari 3 produk yaitu Lip & Cheek, Cheek Palette, dan Eye Make-up Kit. Lip & Cheek sendiri merupakan produk yang dapat dipakai baik sebagai lipstick maupun blush on. Sementara, Cheek Palette adalah produk yang dapat dipakai sebagai blush-on, highlighter, dan conturing. Eye Make-up Kit adalah produk yang berfungsi sebagai eyeliner, eye shadow, dan eye brow.

Lebih lanjut, Sariayu konsisten mengangkat kandungan natural dari alam Indonesia. Bahkan, ada produk Sariayu yang komponen bahan bakunya 98% berasal dari bahan natural. Selain itu, Sariayu konsisten menjalankan salah satu pilar perusahaan-beauty green- yang diwujudkan melalui pendekatan Clean Beauty yaitu bebas dari bahan berbahaya, tidak diuji pada hewan, tidak merusak lingkungan, dan halal.

Baca Juga

Tag: industri kosmetik nasional, Ekspor, Sariayu Martha Tilaar, PT Martina Berto Tbk

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Sariayu Martha Tilaar

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,343.85 4,298.34
British Pound GBP 1.00 19,919.18 19,716.13
China Yuan CNY 1.00 2,306.18 2,282.75
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 16,311.15 16,148.85
Dolar Australia AUD 1.00 9,948.17 9,845.95
Dolar Hong Kong HKD 1.00 2,104.04 2,083.08
Dolar Singapura SGD 1.00 11,410.39 11,295.27
EURO Spot Rate EUR 1.00 18,010.77 17,829.95
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,812.80 3,766.06
Yen Jepang JPY 100.00 15,047.19 14,893.34
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4545.571 206.667 686
2 Agriculture 935.348 17.815 22
3 Mining 1191.831 20.200 49
4 Basic Industry and Chemicals 585.812 34.750 77
5 Miscellanous Industry 756.867 69.031 51
6 Consumer Goods 1624.014 58.453 57
7 Cons., Property & Real Estate 342.828 24.949 89
8 Infrastruc., Utility & Trans. 793.679 25.982 79
9 Finance 1009.594 53.086 92
10 Trade & Service 580.685 10.972 170
No Code Prev Close Change %
1 LPIN 138 186 48 34.78
2 RIGS 162 218 56 34.57
3 KMTR 180 238 58 32.22
4 FORU 87 110 23 26.44
5 PEGE 160 200 40 25.00
6 BRIS 160 198 38 23.75
7 FPNI 59 73 14 23.73
8 BSDE 600 740 140 23.33
9 ADHI 456 560 104 22.81
10 RUIS 150 184 34 22.67
No Code Prev Close Change %
1 BAYU 1,075 1,000 -75 -6.98
2 ENVY 173 161 -12 -6.94
3 MREI 5,350 4,980 -370 -6.92
4 ASBI 290 270 -20 -6.90
5 NZIA 348 324 -24 -6.90
6 PRAS 160 149 -11 -6.88
7 SSIA 466 434 -32 -6.87
8 ITIC 4,080 3,800 -280 -6.86
9 DUCK 438 408 -30 -6.85
10 VINS 117 109 -8 -6.84
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,940 3,230 290 9.86
2 BBCA 26,400 27,550 1,150 4.36
3 TLKM 2,980 3,090 110 3.69
4 BBNI 3,590 3,990 400 11.14
5 ASII 3,620 4,080 460 12.71
6 BMRI 4,470 4,940 470 10.51
7 KLBF 950 1,010 60 6.32
8 ANTM 416 460 44 10.58
9 KAEF 1,300 1,250 -50 -3.85
10 PAMG 116 119 3 2.59