Ini Jawaban-jawaban dari Sejumlah Pertanyaan yang Paling Dicari Terkait Virus Corona, Check It Out!

Ini Jawaban-jawaban dari Sejumlah Pertanyaan yang Paling Dicari Terkait Virus Corona, Check It Out! Kredit Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha

Virus corona tipe baru merupakan keluarga besar virus yang selama ini hanya enam di antaranya diketahui dapat menginfeksi manusia. SARS atau sindrom pernapasan akut parah yang muncul pertama kali pada 2002 dan MERS atau sindrom pernapasan Timur Tengah pada 2013 juga menjadi penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Pada Desember 2019, muncul Covid-19, penyakit terbaru yang disebabkan oleh kelompok virus corona yang sama. Namun, ada perbedaan di antara ketiga penyakit ini ada di gejala, masa inkubasi, serta penyebaran.

Baca Juga: Pandemi Corona Menyebar Sangat Cepat, WHO Peringatkan Negara-negara Soal Hal Ini

Dilansir Hopkins Medicine, ada banyak pertanyaan yang ingin diketahui warga dunia soal virus corona tipe baru, SARS-CoV2 itu. Lauren Sauer selaku direktur penelitian Johns Hopkins Biocontainment Unit berbagi informasi mengenai Covid-19 yang sering ditanyakan masyarakat:

Bagaimana penularan Covid-19?

Penularan dapat terjadi antarmanusia melalui percikan cairan yang keluar saat batuk dan bersin. Penyebaran virus corona jenis baru ini sedang dipantau oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Covid-19 muncul pertama kali di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, China pada Desember 2019. Meski penelusuran terhadap sumber pasti dari virus corona jenis baru ini masih dilakukan, hipotesis awal mengira itu mungkin terkait dengan pasar makanan laut di kota tersebut.

Dari pasar tersebut, beberapa orang yang berkunjung ke sana mengalami pneumonia karena infeksi virus corona yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, sebuah studi yang dirilis pada 25 Januari lalu mencatat bahwa individu dengan kasus yang dilaporkan pertama pada 1 Desember 2019 tidak memiliki hubungan langsung dengan pasar itu.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini