TelkomGroup Sediakan Akses Internet Hingga 800 Mbps di RS Darurat Wisma Atlet

TelkomGroup Sediakan Akses Internet Hingga 800 Mbps di RS Darurat Wisma Atlet Kredit Foto: Sufri Yuliardi

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TelkomGroup) menyediakan dukungan akses internet dan sarana teknologi informasi dan komunikasi di Wisma Atlet Kemayoran yang dipilih sebagai Rumah Sakit darurat pasien terpapar virus corona (Covid-19).

Hal tersebut guna memudahkan para petugas menolong dan merawat para pasien maupun untuk keperluan koordinasi berbagai pihak baik rumah sakit, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga: Telkomsel Perkuat Jaringan di Tiga Lokasi RS Penanganan Pasien COVID-19

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan bahwa dukungan tersebut merupakan komitmen BUMN untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi wabah virus corona di Indonesia.

"Untuk akses data dan internet di lokasi, TelkomGroup melakukan penguatan sinyal seluler Telkomsel dan menyediakan akses internet baik yang dedicated ataupun melalui akses Wifi.id termasuk layanan IndiHome," jelas Ririek dalam keterangan yang diperoleh, Selasa (24/3/2020).

Selanjutnya, Ririek menjelaskan dukungan TelkomGroup untuk Rumah Sakit Darurat tersebut berupa penyediakan Astinet (dedicated internet) 2 x 100 Mbps untuk layanan internet, IndiHome 4 x 100 Mbps, akses Wifi.id 3 x 100Mb, dan tambahan nomor hunting Call Center 119 untuk Kementerian Kesehatan.

Sementara untuk akses mobile, Telkomsel juga memperkuat sinyal di area lokasi dengan peningkatan kapasitas BTS menjadi full capacity yang ditunjang dengan penambahan akses 500 hingga 800 Mbps dan BTS indoor serta penempatan BTS mobile (COMBAT). Di samping infrastruktur tersebut, TelkomGroup juga menyiapkan perangkat pendukung lain seperti Server, PC (personal computer), Printer, dan TV Display.

"Keseluruhan dukungan untuk keperluan akses data dan internet ini telah selesai disiapkan dan dapat dipergunakan sesuai dengan rencana operasional Rumah Sakit Darurat virus corona," jelas Ririek.

Telkom terus memantau perkembangan situasi penyebaran Covid-19 dan turut berperan aktif dalam menanggulangi wabah tersebut melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) yang dilakukan berdasarkan edaran dari pemerintah melalui Kementerian BUMN.

"Mari bersama kita bersatu bahu-membahu mengatasi Covid-19. Semoga pandemi Covid-19 dapat segera teratasi dan kita, seluruh bangsa Indonesia, selalu dalam lindungan Allah SWT," demikian pungkas Ririek.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini